Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini

Ni Made Intan Dharma santy, Ivana Cindy ivana Yudistira, Ayu Puspita ayu Amalia

Abstract


Pengembangan Literasi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Untuk itu diperlukan upaya dari lingkungan terdekat yakni orang tua dalam pendamping anak agar memiliki kemampuan literasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan literasi pada anak usia dini. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang tua yang memiliki anak usia empat tahun di Desa Sumber Jaya. Pada penelitian ini penulis sebagai instrumen pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua adalah mengembangkan literasi pada anak usia dini antaranya orang tua membiasakan membacakan buku kepada anak, orang tua menyediakan fasilitas yang memadai, orang tua memiliki jadwal yang teratur untuk belajar maupun bermain pada anak, reward sebagai wujud apresiasi kepada anak, dan orang tua harus menjadi suritauladan bagi anak. Anak yang mendapatkan peran orang tua lebih dapat memiliki peluang untuk berkembang lebih baik dalam literasi pada anak yang kurang mendapat peran dari orang tuanya.

Keywords


Parents, Literacy, Child

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus & Tita Mulyati, H. Y. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca,Dan Menulis. Bumi Aksara.

Anisa, A. R., A. A. Ipungkarti, D., & K. N. Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. 1st National Conference On Education, System and Techbology Information, 01(01), 1-4.

Bakti, Noor. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. PRIMEALY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Anak Usia Dini, VI(2),113-127.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyorwati, S., & Sudah, S. (2029). STrategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di Paud sebagai Persiapan Masuk Sd)Mi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisi, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3),177.https//:doi.org/10.22146/jodi.16929

Inten, D. N.(2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini Pada Anak Tole Of the Family Toward Early Literacy of the Children. Golden age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1),23-32.

Juniarti, Y., & Nurlaeni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1),51-62. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pelitapaud

Kemendikbud RI. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In pusar Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan ( Issue 2). http://repositori.mendidik.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi

Koenarso, D. A. P., & Aziza, A. (2022). Digital Literation And Multikodal For Early Childhood Education. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1),47-54. https:/)dou.org/10.24903/jw.v7i1.869

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Bahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampa Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1),446. https://doi.org/1031004/obsesi.v4Il.372

Primayana, Kadek Hengki, & Putu Yulia Angga Dewi, I. G. D. G. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Sagala, H. H. (2021). Mengganggu Potensi anak Dalam Pendidikan Islam. Hikmah: Journal Of Islamic Studies, 17(2),137.

Susanto, Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i2.16003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id