Implementasi Kegiatan Pembiasaan Dalam Mengembangkan Regulasi diri anak Di TK Darul Qur’an

Hani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan implementasi kegiatan pembiasaan dalam mengembangkan regulasi diri anak di TK Darul Qur'an. Regulasi diri memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan perilaku positif pada anak usia dini. TK Darul Qur'an sebagai lembaga pendidikan berbasis nilai-nilai Islam memiliki tanggung jawab untuk memberikan pembinaan dan pembiasaan yang mendukung perkembangan regulasi diri anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dikumpulkan dari partisipan penelitian yang terdiri dari guru dan anak-anak di TK Darul Qur'an. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan pembiasaan di TK Darul Qur'an mencakup aspek-aspek seperti shalat berjamaah, waktu belajar terstruktur, kegiatan seni dan kreativitas, cerita moral dan pembelajaran karakter, permainan kolaboratif, latihan bernapas dan relaksasi, partisipasi dalam kegiatan sosial, serta pengelolaan konflik. Pembiasaan ini diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam, menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan regulasi diri anak. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis mengenai implementasi kegiatan pembiasaan dalam konteks pendidikan Islam di TK. Implikasi dari temuan penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi lembaga pendidikan sejenis untuk mengoptimalkan pembiasaan guna meningkatkan regulasi diri anak pada tahap perkembangan yang kritis ini

Keywords


Kegiatan pembiasaan, Regulasi anak

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Amini, M., Tatminingsih, S., Setiawan, D., Budi, U. L., & Novita, D. (2021). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (2nd ed.).

Bandura, A. (1991). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 248–287. https://psycnet.apa.org/record/1992-12707-001

Blair, C., & Cybele Raver, C. (2015). School readiness and self-regulation: A developmental psychobiological approach. Annual Review of Psychology, 66, 711–731. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010814-015221

Bronson, M. (2001). Self-regulation in Early Childhood: Nature and Nurture. Guilford Press.https://books.google.co.id/books?id=TUVxOeJRwC4C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Dahlia. (2018). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.

Juniarti, E., Herlinda, S., & Herwina. (2021). Regulasi Diri Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Daring Di Tk Pembina. Ta’lim Journal, 9(2), 1–5. https://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim

Kemendikbudristek. (2022). Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi Nomor 2 Tahun 2022.

Kemkes. (2020, March 1). Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19. https://www.kemkes.go.id/article/view/20031600011/pertanyaan-dan- jawaban-terkait-covid-19.html

Khaironi, M. (2018). PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Golden Age, 2(1), 1–12. https://pdfs.semanticscholar.org

Kusdiyati, sulisworo, & Fahmi, I. (2019). Observasi Psikologi. PT Remaja Rosdakarya.

Kwon, K., Hanrahan, A. R., & Kupzyk, K. A. (2017). Emotional expressivity and emotion regulation: Relation to academic functioning among elementary school children. School Psychology Quarterly, 32(1), 75.

menpanrb. (2021, December 24). Pemerintah Terbitkan SKB 4 Menteri Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi. https://www.menpan.go.id/site/berita- terkini/pemerintah-terbitkan-skb-4-menteri-panduan-pembelajaran-di-masa- pandemi

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Nugraheni, A., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). HUBUNGAN

ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KESIAPAN SEKOLAH ANAK USIA 5-

TAHUN (Vol. 9, Issue 3). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Pangestuti, R. (2019). Model Kesiapan Mengikuti Sekolah Dasar Yang Dipengaruhi Oleh Parent Engagement Dan Student Teacher Relationship Melalui Mediasi Regulasi Diri Pada Anak Pra-Sekolah Golongan Ekonomi Bawah.

Pangestuti, R., Kadiyono, A. L., Cahyadi, S., & Agustiani, H. (2019). A Modifying the Instrument of Self-Regulation in Early Childhood Assessment. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 114–127. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.09

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi, F. (2018). Hubungan Kelekatan Orangtua Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i2.17523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id