Kegiatan Outing Class Sebagai Sarana Interaksi Sosial Di TK Ananda Yara Sukamaju

Siti Mawaddah

Abstract


Kegiatan Outing Class memiliki peran yang penting dalam pengembangan sosial anak-anak di TK Ananda Yara Sukamaju. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kegiatan tersebut sebagai sarana interaksi sosial pada anak-anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis data untuk mengumpulkan informasi tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terhadap kegiatan Outing Class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Outing Class memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan interaksi sosial anak-anak. Mereka dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, dan berbagi dengan teman-teman sebaya mereka. Selain itu, kegiatan ini juga memperluas cakupan pengalaman anak-anak di luar lingkungan PAUD, meningkatkan rasa ingin tahu, dan memperkaya pengetahuan mereka tentang dunia sekitar.Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Outing Class. Faktor pendukung meliputi dukungan orang tua, partisipasi aktif guru, dan pemilihan destinasi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak. Sementara itu, hambatan dapat muncul dari faktor logistik, anggaran, dan koordinasi antara pihak terkait.

Keywords


Outing Class, Interaksi Sosial, PAUD

Full Text:

PDF

References


Anisa, C. M., & Wulansari, B. Y. (2023). OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI EDUWISATA NDALEM KERTO. NDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 762–771. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/97

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.1-13

Khadijah, & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini “Teori dan Strateginya.” CV. Merdeka Kreasi Group (Anggota IKAPI).

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Rahmat Rosyadi. (2013). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD Islami). PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R,&D. Alfabeta.

Wijilestari, T. S. (2013). Pengembangan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Anak Kelompok B 1 TK MTA I Kebakkramat Tahun 2012/2013. https://eprints.ums.ac.id/24889/

Yansaputra, G., & Pangestika, R. R. (2020). Peningkatan Sikap Sosial Positif melalui Outing Class Permainan Tradisional Interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 174–180. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.3454

Zailani. (2017). Etika Belajar Dan Mengajar. Jurnal Agama Dan Pendidikan Agama Islam, 9(2), 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i2.17561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id