Pengaruh Media Edutainment Terhadap Kemampuan Thaharah Pada Anak Usia Dini

Suci Agustina NS, Mawaddah Nasution

Abstract


Banyak sekali pendidikan agama Islam yang dapat diajarkan oleh orang tua kepada anaknya. Tidak hanya mengenalkan tata cara wajib seperti sholat lima waktu, puasa, dan juga pemahaman tentang kebersihan. Anak juga bisa diajarkan tentang bagaimana cara bersuci atau thaharah. Pembelajaran Thaharah di TK. dulu, guru cenderung lebih banyak memimpin kegiatan pembelajaran daripada siswa, seolah-olah hanya guru yang berinisiatif dan siswa hanya menjadi pendengar. Ternyata hal ini membuat siswa bosan atau bosan. Pembaruan pembelajaran berjalan seiring dengan perubahan waktu. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus mampu merespon perkembangan tersebut dengan terus mengembangkan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang berbeda sesuai dengan perkembangan anak, usia, keadaan, kondisi dan kebutuhan peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif ,karena data pembelajaran thaharah berbasis edutainment yang kreatif dan inovatif (x) pada hasil belajar anak usia dini (y) yang diperoleh berupa data kuantitatif.  Adapunteknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah, dokumentasi, penelitian kepustakaan (librarian research), pencarian Internet (pencarian online), eksperimen atau percobaan. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bahwa ada pengaruh media edutainment terhadap kemampuan thaharah pada anak usia dini yaitu hasil belajar anak usia dini pada kelas eksperimen, yang artinya Ha diterima.


Keywords


Media, thaharah, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, & J. T. P. (2005). Strategi Belajar Mengajar (: Pustaka Setia (ed.)). : Pustaka Setia.

Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan (: SUKA-Press (ed.)). : SUKA-Press.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (B. Aksara (ed.)). Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran, (Alfabeta (ed.)). Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri, & A. Z. (2014). Strategi Belajar-Mengajar (R. Cipta (ed.)). Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh, & M. S. S. (2009). Strategi Belajar Mengajar (R. Aditama (ed.)). Refika Aditama.

Herdiansyah, H. (2012). metodologi penelitian kualitatif (Salemba & Humanika (eds.)). Salemba Humanika.

Hikmah, N. (2021). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAKDALAM SETTING KELUARGADI ERA DISRUPSI. Genderang Asa:Journal Of Primary Education, 2(1), 12–24.

Khoirunisyah, S. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Group Invrstigation Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal Kreatif.

Maemunah, H. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (P. R. Persada: (ed.)). PT. Rajagrafindo Persada:

Mujib, Abdul, & J. M. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (: Kencana Prenada Media Group (ed.)). : Kencana Prenada Media Group.

Ningsih, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTsN Kabupaten Kerinci, Jambi. Journal Pendidikan Matematika.

Nurnawati, E. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share”. Jurnal Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 1, 2.

Ramayulis. (2015). Dasar- Dasar Kependidikan (: Kalam Mulia (ed.)). : Kalam Mulia,.

Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). INOPENDAS (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 1(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2376

Sugiono. (2011). No Title. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (C. Alfabeta (ed.)). Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. (P. B. Press. (ed.)). Pustaka Baru Press.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. (Rajawali (ed.)). Rajawali.

Wahyuni, B. dan E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran (A.-R. Media (ed.)). Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i2.17966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id