ETIKA KONSUMSI DALAM EKONOMI ISLAM

Muhammad Raihan Muhammad Raihan

Abstract


Studi Islam tentang konsumsi sangat penting jika seseorang ingin menahan diri dengan harta benda dan pengeluaran. Sekalipun suatu negara memiliki banyak uang, kesejahteraan tidak akan berhasil jika tidak digunakan dengan bijak dan keuntungannya tidak dapat diukur. Pendekatan terbaik untuk menggunakan kekayaan seseorang untuk kemajuan diri sendiri, komunitas seseorang, dan orang-orang secara keseluruhan adalah dengan mengarahkan preferensi seseorang terhadap pilihan-pilihan yang mengandung maslahah (baik dan bermanfaat). Dorongan untuk memenuhi kebutuhan dasar seseorang adalah bawaan dari kondisi manusia. Bahkan sebagai bayi, manusia selalu menemukan cara untuk mengomunikasikan keinginannya untuk memenuhi kebutuhannya, seperti jeritan bayi minta susu saat lapar. Saat kita bertambah tua dan lebih mampu, keinginan dan kebutuhan kita mencapai puncaknya saat kita mencapai pubertas dan secara bertahap menurun hingga kematian.


Full Text:

PDF

References


Andi Bahri, S. (2014). Etika konsumsi dalam perspektif ekonomi islam. Vol. 11 No, 2, 347-370.

Barakah, A., Suitra, P., & Najiha, U. (2020). Etika konsumsi (istihlak) perspektif filsafat ekonomi islam. CENDEKIA: Jurnal studi keislaman, 6(1), 20-31.

Ermawati, E. (2021). Etika konsumsi islam dalam impulsive buying. Bilancia.

Fatahillah, I. A. (2013). Implementasi konsep etika dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. Hukum islam, 13(2), 154-169.

Furqon, I. K. (2018). Teori konsumsi dalam islam. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1).

Habibullah, E. S. (2018). Etika Konsumsi Dalam Islam. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(01), 90-102.

Ilyas, R. (2016). Etika konsumsi dan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi islam. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 152-172.

Quddus, M. F. (2021). Kritik Konsumerisme Dalam Etika Konsumsi Islam. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 43-60.

Rangkuti, S. (2018). Konsumsi dalam Ekonomi Islam. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2).

Sahib, M., Anugrah, M. F., & Syam, N. (2022). IMPLEMENTASI ETIKA EKONOMI ISLAM DALAM KEGIATAN PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 1(1), 16-27.




DOI: https://doi.org/10.30596/almuhtarifin.v3i2.15114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.