Penggunaan Pelayanan Kesehatan Sebelum Dan Selama Covid-19: Satu Kajian Di RSU Muhammadiyah Kota Medan

Pinta Pudiyanti Siregar, Ika Nopa, Yulia Afrina Nasution, Mila Trisnasari, Royyan Ashri

Abstract


Pada pandemi COVID-19 termasuk di Indonesia, pelayanan kesehatan primer memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan di masyarakat dan awal pandemi, terjadi penurunan drastis jumlah pengunjung yang berobat ke pelayanan primer. Tujuan: Melihat perubahan persepsi masyarakat tentang gejala yang ada dan usaha mereka untuk mendapatkan pengobatan. Metode: Penelitian ini dilakukan di RSU Muhammadiyah Kota Medan dengan menggunakan Google form pada pasien rawat jalan di klinik. Hasil: Rerata umur responden adalah 36 tahun. Rerata jarak responden ke RSU Muhammadiyah adalah tiga kilometer dengan frekuensi terbanyak adalah kurang dari 3 kilometer, pendidikan terbanyak adalah lulusan SMA (60%) dan pendapatan rata-rata 4 juta rupiah. Penyebab pasien berobat adalah dengan gejala sesak nafas yang terbanyak yaitu 74%, diikuti gejala demam sakit magh. Pada saat sebelum pandemi gejala yang menyebabkan responden tidak berobat adalah gangguan penciuman dan gangguan indera perasa menempati urutan tertinggi pasien tidak pergi berobat dengan gejala tersebut dengan frekuensi 95%.  Sesudah pandemi terjadi perubahan keinginan pasien untuk berobat dimana dengan gejala gangguan penciuman dan gangguan indra perasa meningkat menjadi 44%. Gejala sesak nafas tetap menjadi urutan yang tertinggi yaitu 82%, gejala yang lain tidak mengalami perubahan yang berarti. Kesimpulan didapat beberapa gejala mengalami perubahan keinginan masyarakat dalam mengambil pengobatan dalam pelayanan kesehatan.

Kata Kunci: pandemi, COVID-19, pelayanan kesehatan, penggunaan


Keywords


Pandemi, COVID-19, pelayanan kesehatan, penggunaan

References


Dwinantoaji, H., & DW, S. (2020). Human security, social stigma, and global health: the COVID-19 pandemic in Indonesia. Journal of Thee Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran), 52(03), 74–81. https://doi.org/10.19106/jmedscisi005203202014

UTORO, D. (2021). Hukum Dan Hak Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Di Era Pandemik. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 9(1), 65. https://doi.org/10.20961/hpe.v9i1.52644

Januraga, P. P., & Harjana, N. P. A. (2020). Improving Public Access to COVID-19 Pandemic Data in Indonesia for Better Public Health Response. Frontiers in Public Health, 8(November), 8–11. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.563150

Rahma Puspita, N., & Mustakim. (2021). Persepsi Pasien dalam Implementasi Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemik COVID-19 di Wilayah Kota Bekasi Tahun 2020. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 99–109. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKK

Subagyo, F. A. K. D., & Irwansyah, I. (2021). Cognitive Dissonance in Health-Seeking Behavior of People in Indonesia to Prevent Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 251–266. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.18692

Asril, N. M., Maharani, E. A., Tirtayani, L. A., & Suwandi, E. (2021). Predicting Help Seeking Behavior related to COVID-19 among Indonesian Adults. Journal of Behavioral Science, 16(1), 28–44.

Suratri, M. A. L., Suryati, T., & Edwin, V. A. (2018). Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat jalan Rumah Sakit di 7 Provinsi di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), 239–246. Retrieved from https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33

Mahendradhata, Y., Andayani, N. L. P. E., Hasri, E. T., Arifi, M. D., Siahaan, R. G. M., Solikha, D. A., & Ali, P. B. (2021). The Capacity of the Indonesian Healthcare System to Respond to COVID-19. Frontiers in Public Health, 9(July), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.649819

Fitri, W., Octaria, M., & Suwanny, N. (2020). Tantangan dan Solusi terhadap Ketimpangan Akses Pendidikan dan Layanan Kesehatan yang Memadai di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax …, 1(10), 766–776. Retrieved from http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/181

Rhatomy, S., & Prasetyo, T. E. (2020). Impact of COVID-19 on primary care visits: lesson learnt from the early pandemic period. Journal of Community Empowerment for Health, 3(2), 102. https://doi.org/10.22146/jcoemph.57918

Ahmed, S. A. K. S., Ajisola, M., Azeem, K., Bakibinga, P., Chen, Y. F., Choudhury, N. N., … Yusuf, R. (2020). Impact of the societal response to covid-19 on access to healthcare for non-covid- 19 health issues in slum communities of bangladesh, kenya, nigeria and pakistan: Results of pre-covid and covid-19 lockdown stakeholder engagements. BMJ Global Health, 5(8), 1–17. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2020-003042

Djunawan, A. (2019). Benarkah Subsidi Jaminan Kesehatan Meningkatkan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Primer oleh Penduduk Miskin Perkotaan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 8(1), 18–24.

Laksono, A. D., Wulandari, R. D., & Soedirham, O. (2019). Urban and rural disparities in hospital utilization among Indonesian adults. Iranian Journal of Public Health, 48(2), 247–255. https://doi.org/10.18502/ijph.v48i2.819

Harahap. (2021). DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf12211 Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 di Kota Binjai Desy Ramadhani Harahap, 12(April), 2019–2022.

Hayward, A., Fragaszy, E., Kovar, J., Nguyen, V., Beale, S., Byrne, T., … Aldridge, R. W. (2021). Risk factors, symptom reporting, healthcare-seeking behaviour and adherence to public health guidance: Protocol for Virus Watch, a prospective community cohort study. BMJ Open, 11(6). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-048042

Setianingsih, N., & Ronoatmodjo, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Cilegon Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 0231, 56–80.

M F Bintan et al. (2021). Pentingnya Akreditasi Pelayanan Kesehatan Di Era Pandemi Covid-19: Narrative Review. ResearchGate, (January). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/348160553_PENTINGNYA_AKREDITASI_PELAYANAN_KESEHATAN_DI_ERA_PANDEMI_COVID-19_NARRATIVE_REVIEW?enrichId=rgreq-5531bd305a002126342c8108202feea4-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzM0ODE2MDU1MztBUzo5NzU3Mzg0ODQzMDE4MjRAMTYw

Maharya, A. G., & Krisnadi, I. (2020). Pemanfaatan Akses Internet Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Penanganan Covid 19 Oleh Bakti Kominfo. Universitas Indonesia, 2, 4.

Sukmarini, A. D., & Hasanah, M. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. … Development Journal, 13–19. Retrieved from http://publication.rre-center.com/index.php/ucdj/article/view/43




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v6i1.13762

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.30596/amj.v6i1.13762.g9215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.