Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Aktivitas Berbasis Origami di Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang Malaysia
Abstract
Kompleksnya latar belakang dan budaya siswa menjadi tantangan bagi Sanggar Belajar Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang Malaysia. Sanggar belajar ini perlu mengupayakan pengembangan keterampilan hidup abad 21 bagi siswanya. Kegiatan ini bertujuan mendampingi PPWNI Klang Malaysia dalam penguatan keterampilan abad 21 melalui aktivitas pembelajaran matematika berbasis origami. Kegiatan dilakukan melalui aktivitas siswa dalam Pohon Pythagoras dan aktivitas Soma cube. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dan semakin termotivasi dalam belajar matematika. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai bekal hidup di masyarakat kelak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F., Subanji, S., & Untari, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Manipulatif Origami. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1084. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12681
Barron, B., & Chen, M. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding, 11–70. https://eric.ed.gov/?id=ED539399
Garza, K. K. (2021). Annual Report: 20 Years of Bettle for Kids 2021. https://static.battelleforkids.org/Documents/BFK/BFK-Annual-Report-2021.pdf
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Gebben, R. (2015). Daily Javascript: Pythagoras Tree. http://daily-javascript.com/challenges/pythagoras-tree/
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan pemodelan matematis dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n14
Machromah, I. U., Dwijanto, & Darmo. (2014). Keefektifan Experiential Learning Berbantuan Origami Terhadap Kemampuan Keruangan Siswa Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 150–156. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4542/3811
Maesaroh, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(2), 99–105. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/164
Maharani, A. A. P., Swandewi, N. P. D., Daud, M. A., & Dwitayani, L. A. (2020). Implementasi Game Based Learning Berbantuan Media Origami untuk Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Kelurahan Sempidi. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat Vol., 01(01), 42–51. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jadma/article/view/774
Ni’matuzzahroh, I. (2020). Model Pembelajaran Novick Dengan Media Origami Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), 23–30. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/145
Nugroho, O. F., Damayantie, I., & Pratiwi, R. (2021). Menciptakan Keterampilan Guru Abad 21 melalui Pendekatan STEM+ART. Seminar & Call of Paper Pengabdian Masyarakat, Maret, 103–107. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASLPPM/article/view/93/99
Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://journal-center.litpam.com/index.php/RJ/article/view/556
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf
Saltrick, S., Hadad, R., Pearson, M., Fadel, C., Regan, B., & Wynn, J. (2011). 21st Century Skills Map. In 21st Century Skills Map. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED543032.pdf
Scott, C. L. (2015). The Futures of Leraning 2: What Kind of Learning for The 21st Century? Education Research and Foresight: Working Papers, November, 1–14. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000242996
Sitorus, T. (2016). Pythagoras Tree. http://timsitorus.com/experiments/
Susanti, L., & Rosyidi, A. H. (2013). Pembelajaran berbasis origami untuk meningkatkan visualisasi spasial dan kemampuan geometri siswa SMP. MATHEdunesa, 2(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2697
Sze, S. (2004). Math dan Mind Mapping: Origami Construction. https://eric.ed.gov/?id=ED490352
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/23050
Wardhani, D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Origami terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 905–909. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6301/2691
Wening, T. (2019). Awalnya Dibuat untuk Media Belajar, Cari Tahu Sejarah Rubik, Yuk! 20 Agustus 2019. https://bobo.grid.id/read/081824890/awalnya-dibuat-untuk-media-belajar-cari-tahu-sejarah-rubik-yuk?page=all
Yatijah, Chiar, M., & Nasrun, M. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa-Siswi Melalui Media Gambar Kertas Origami. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/811
Yono, M. Y., & Djazuli, A. (2022). The Efect of Problem Posing Learning Assisted Origami Paper on Creative Thinking Skill Students. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 14(1), 47. https://doi.org/10.30595/dinamika.v14i1.11669
DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.16162
DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.16162.g11143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN:2685-9882
This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0