Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Perempuan Dasawisma Untuk Pengelolaan Keuangan Keluarga

Maulita Maulita, Fabiola B Luturmas, Rahmat Rahmat

Abstract


Perempuan akan berperan sebagai ibu rumah tangga yang memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan keluarga yang betujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap pengelolaan keuangan keluarga pada Perempuan dasawisma di Keluarahan Lempake. Responden penelitian berjumlah 120 orang yang merupakan  ibu rumah tangga yang tergabung dalam 10 kelompok dasawisma dikelurahan lempake. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM PLS AMOS 22. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan keluarga dan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan keluarga pada Perempuan dasawisma di ke-lurahan lempake.

Women will act as housewives who have an important role in managing family finances that aim to improve family welfare. This study aims to examine the effect of financial literacy and financial inclusion on family financial management in dasawisma women in Lempake Village. There were 120 respondents who were housewives who were members of 10 dasawisma groups in Lempake village. The analytical tool used in this study is SEM PLS AMOS 22. Based on the results of the study, it was found that financial literacy has a positive and significant effect on family financial management and financial inclusion has a positive and significant effect on family financial management in women's dasawisma in Lempake village


Keywords


Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pengelolaan Keuangan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif dan Faktor Pendorongnya: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017. Fak. Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.

Allen, F., Demirgüç-Kunt, A., Klapper, L. F., & Martinez Peria, M. S. (2012). The foundations of financial inclusion: Understanding ownership and use of formal accounts. World Bank Policy Research Working Paper, 6290.

Dahrani, D., Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model pengelolaan keuangan berbasis literasi keuangan dan inklusi keuangan: Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1509–1518.

Fitriah, I. &. (2020). No Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inklusi Keuangan (Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) Title. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 04(02).

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107–123.

Kelkar, V. (2014). Financial inclusion for inclusive growth. ASCI J. Manag, 39 (1), 55–68.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Finansial. In K. P. Kebudayaan, Materi Pendukung Literasi Finansial Title.

Kusumawati, D. (2021). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 7(01).

Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2021). Penyuluhan literasi keuangan pada ibu rumah tangga di depok sebagai dasar membangun ketahanan keuangan keluarga. Warta LPM, 24(3), 521–532.

Mulyati, S., & Hati, R. P. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap terhadap Uang pada Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 33–48.

Muttaqiin, N., Agustina, H., & Khusnah, H. (2018). Perencanaan Keuangan Pribadi Untuk Remaja. Community Development Journal, 2(1).

Nurhayati, H., & Nurodin, I. (2019). Pengaruh keuangan inklusi dan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi di Kabupaten Sukabumi. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 1, 167–175.

Nurmala, F., Arya, M., Nurbaiti, N., & Putri, L. P. (2021). Analisis tingkat literasi keuangan mahasiswa di tengah pandemi (studi kasus pada mahasiswa FEB UMSU). Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(2), 307–314.

OJK. (2017). No Title. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Okello Candiya Bongomin, G., Ntayi, J. M., Munene, J. C., & Malinga, C. A. (2018). Mobile money and financial inclusion in sub-Saharan Africa: the moderating role of social networks. Journal of African Business, 19(3), 361–384.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

Sundarasen, S. D. D., Rahman, M. S., & Othman, N. S. (2016). Wealth Optimization: A Conceptual Model of Financial Literacy, Financial Socialization, Parental Norms and Money Attitude. Advanced Science Letters, 22(12), 4312–4315.

Sutejo, D. A. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Vhalery, R., Leksono, A. W., & Anggresta, V. (2020). The Analysis of Factors Influencing Financial Technology Usage in Higher Education. Dinamika Pendidikan, 15(1), 40–52.

Yap, R. J. C., Komalasari, F., & Hadiansah, I. (2018). The effect of financial literacy and attitude on financial management behavior and satisfaction. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 23(3).

Yuesti, A., Rustiarini, N. W., & Suryandari, N. N. A. (2020). Financial literacy in the COVID-19 pandemic: pressure conditions in Indonesia. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 884–898.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v6i2.16781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU