INOVASI PELAYANAN PADA KEPOLISIAN SEKTOR KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU
Abstract
Pada era globaisasi ini, inovasi merupakan sebuah kebutuhan yang dipandang mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, memaksimalkan potensi aparatur, mengembalikan kepercayaan masyarakat, serta mengatasi masalah patologi birokrasi yang sering terjadi. Salah satu perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik yang terus berinovasi ialah Kepolisian Sektor Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang melakukan proses pelayanan dengan sistem aplikasi (online) dan layanan drive thru untuk pembuatan surat Laporan Kehilangan Barang dan Perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Pada Kepolisian Sektor Kecamatan Tampan Kota Pekan Baru, serta faktor yang menjadi penghambat dari Inovasi Pelayanan Pada Kepolisian Sektor Kecamatan Tampan Kota Pekan Baru. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori atribut inovasi Teori Inovasi Everett M. Rogers dalam Anjani et 2019. Adapun metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukan bahwa inovasi yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Sektor Kecamatan Tampan masih belum sepenuhnya berjalan optimal, di karenakan dari pencapaian dari beberapa indikantor masih belum tercapai sepenuhnya. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penelitian ini yaitu minimnya sumber daya anggaran, sarana dan prasarana yang belum memadai, kuranya pemahaman masyarakat tentang inovasi.
Kata kunci: Inovasi, Pelayanan, Kepolisian Sektor Kecamatan Tampan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, S. (2018). Reformasi Birokrasi 4.0 : Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(2), 118. https://doi.org/10.31845/jwk.v21i2.133
Anjani, W. S., Hanapiah, P., & Rudiana. (2019). Pendapatan secara internal meliputi. 5(2), 189203.
Cahyaningrum, A., & Ardhian Nugroho, R. (2019). Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2999
Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service. Sasi, 17(3), 21. https://doi.org/10.47268/sasi.v17i3.362
Imelda, I., & Arkum, D. (2019). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Sebagai Pelaksana BANG MUDA. Jurnal Studia Administrasi, 1(2), 1735. https://doi.org/10.47995/jian.v1i2.24
Jati, W. R. (2011). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 6878. https://doi.org/10.22146/jsp.10926
Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(01), 39. https://doi.org/10.23969/decision.v1i01.1401
Pratama, M. R. (2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan bagi Masyarakat di Kota Kediri). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(2), 218225.
Ramdani, A. (2018). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Keliling di Kota Tasikmalaya. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 6(1), 2330. https://doi.org/10.30656/sawala.v6i1.618
Setyoko, H., Rawinarno, T., & Shafira, N. (2021). Inovasi pelayanan publik pemerintah provinsi banten selama covid-19. Jurnal Ilmiah Niagara, 13(1).
DOI: https://doi.org/10.30596/japk.v2i1.10270
Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Editor's Address:
C BuildingDepartement of Public Administration Science
Faculty of Social Science and Political Science
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238
email : japk@umsu.ac.id