IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA MEDAN

Popi Selviana Adella, Rafieqah Nalar Rizky

Abstract


Kemiskinan (poverty) masih menjadi salah satu permasalahan utama bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Kemiskinan bukan hanya diukur dari pendapatan, tetapi juga mencakup kerentanan dan kerawanan orang atau sekelompok orang baik laki-laki maupum perempuan untuk menjadi miskin, dan keterbatasan akses warga miskin dalam penentuan kebijakan publik yang berdampak pada kehidupan mereka. Meningkatnya kemiskinan dan dalam rangka keseriusan dalam hal pengentasan permasalahan kemiskinan, melakukan kebijakan politik dalam hal penangulangan kemiskinan wilayah perkotaan, pemerintah kota medan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 5 Tahun 2015 tentang penanggulangan kemiskinan. Program penanggulangan kemiskinan yang sudah dan sedang dijalankan oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Medan antara lain yaitu Program bantuan pangan, bantuan kesehatan, bantuan pendidikan, bantuan perumahan, bantuan peningkatan keterampilan, bantuan modal usaha dan bantuan perlindungan rasa aman. Metode peneliitan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif dan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumnetasi. Berdasarkan penelitian ini diketahui implementasi peraturan daerah kota medan nomor 5 tahun 2015 tentang penanggulangan kemiskinan di kota medan sudah efektif. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat mampu yang menempati rusunawa. Seharusnya rusunawa ditempati oleh masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sehingga bisa berjalan dengan baik bantuan program pemerintah. Hal ini yang menjadikan permasalahan tidak tegasnya pihak rusunawa dalam mengatasi hal tersebut.

References


Buku :

Raviansyah, dkk. (2022) Kebijakan Publik. Padang : PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI ANGGOTA IKAPI No. 033/SBA/2022

Jurnal :

Amil, Badan, Zakat Nasional, and D I Kabupaten. 2021. “Implementasi Program Baznas Microfinance Desa Badan Amil Zakat Nasional Di Kabupaten Maros.” 2.

A.RAHMAWATI. 2020. “Implementasi Kebijakan Program Pengembangan Komoditas Pada Kawasan Strategi Kabupaten Di Kabupaten Bone.”

Amanda, Permatasari Iman. 2020. “Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan).” TheJournalish: Social and Government 1: 34–38. http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/7.

ASTUTI, DIAH PURBO. 2022. “EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KOTA PAYAKUMBUH.” inovasi penelitian 2(8.5.2017): 2003–5.

Firdaus, Idos. 2019. “Implementasi Kebijakan E-KTP Di Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang.” http://eprints.untirta.ac.id/1438/.

Hayati, Ika, Aini Kusniawati, and Mukhtar Abdul Kader. 2020. “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Pegawai ASN RSUD Kabupaten Ciamis).” Business Management and Enterpreneurship Journal 2(September): 106–15.

Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5(1): 19–28.

Jamrizal, Jamrizal. 2022. “( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN ).” 3(1).

Patel. 2022. “Pengaruh Pengawasan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Organization Citizenship Behavior Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Indra.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 5(2): 9–25.

Priyatin, Nuke Nur, and Notika Rahmi. 2022. “Analisis Implementasi Kebijakan Insentif Pajak Penghasilan Pasal 21 Ditanggung Pemerintah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kpp Pratama Jakarta Pademangan Tahun 2020.” Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI) 3(2): 86–96.

Saipudin. 2021. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA TELAGA WARU KEC. PERINGGABAYA KAB.LOMBOK TIMUR TAHUN 2020.”

Saputra, A., Kusmanto, H., & Turnip, K. (2016). Implementation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia in the Development of Student Organizations Agung. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 6(1), 1–21. https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/1052

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Web :

https://www.ekonomisyariah.org/blog/2021/05/19/strategi-penanggulangan-kemiskinan/

Dokumen Resmi

Putra R.N. 2017. Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Konsentrasi Kebijakan Publik “Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Tentang Sertifikasi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Simeulue Timur Kabupaten Simeulue.”

Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kemiskinan

Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman




DOI: https://doi.org/10.30596/japk.v3i1.14894

Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)

Editor's Address:

C Building

Departement of Public Administration Science 

Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

email : japk@umsu.ac.id 

Flag Counter