KINERJA INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA

Margareth I.R Rantung, Steven V Tarore, Esther Posumah

Abstract


This study aims to determine and describe the performance of the North Sulawesi Regional Inspectorate. The research method used is qualitative descriptive. The number of informants in this study were 4 people. Data collection uses observation, interview and documentation techniques. Data analysis through Data Reduction, Data Presentation and Drawing Conclusions. The results of the study show that based on the results of the research and discussion related to the performance of the North Sulawesi Regional Inspectorate, it can be concluded that employees at the North Sulawesi regional inspectorate office in terms of carrying out the supervisory function have not been maximized, this can be seen from the following indicators. 1) Productivity Performance is not good enough. Performance Quality that shows the development of each employee. 3) The accuracy is not yet effective because it is influenced by several factors.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja Inspektorat Daerah Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait dengan kinerja Inspektorat Daerah Sulawesi Utara dapat disimpulkan bahwa pegawai pada kantor inspektorat daerah Sulawesi Utara dalam hal menjalankan fungsi pengawasan belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut 1) Kinerja Produktivitas belum cukup baik. Kualitas Kinerja yang menunjukkan perkembangan setiap pegawai. 3) Ketepatan yang belum efektif karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

 


References


Instruksi presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) yang diganti dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah.

Muhlis Madani, Kebijakan Publik, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).

Peraturan Gubernur (PERGUB) tentang TUGAS, FUNGSI DAN TATA KERJA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH- 20 Desember 2016- BD.2016/NO.495.

Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Satispi, Evi, and S P M Si. 2018. “Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik.”

Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Bandung : Penerbit Alfabeta.

J. Miles, M.B; Huberman, A.M; Saldana, Qualitative data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. 2014.

“Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan.” .

Safroni, M Ladzi. 2012. Manajemen Dan Reformasi Pelayanan Publik Dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya: Aditya media.

Ebenhezer Silaban - 2021 - repository.umsu.ac.id kinerja Inspektorat Provinsi Sumatera Utara

Mukarom, Zaenal, Muhibudin. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik Era globalisasi : teori, proses, dan studi kasus komparatif. Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic publishing service).




DOI: https://doi.org/10.30596/japk.v3i2.17246

Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)

Editor's Address:

C Building

Departement of Public Administration Science 

Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

email : japk@umsu.ac.id 

Flag Counter