Persepsi Mahasiswa Agribisnis Terhadap Makanan Halal dan Tayib (Studi Kasusu di Universitas Muhammadiyah Malang)

Dyah Ayu Utari Suwita Ningtyas, Ary Bakhtiar, Yohana Agustina

Abstract


Masyarakat sangat setuju bahwa mengkonsumsi makanan halal adalah penting, tetapi pemahaman konsep halal pada masyarakat Indonesia tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang persepsi mahasiswa agribisnis tentang makanan halal dan tayib dan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap makanan halal dan tayib. Penelitian ini menggunakan metode campuran dasar antara Kuantitatif dan Kualitatif (Mixed Methods), jenis metode campuran dasar yang digunakan ialah Sekuensial Eksplanatori. Metode analis data yang digunakan ialah model analisis linear berganda. Penelitian ini dilakukan diUniversitas Muhammadiyah Malang khususnya mahasiswa program studi Agribisnis. Pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling mendapatkan 2 cluster yaitu cluster Angkatan 2019 dan Angkatan 2020. Jumlah sampel untuk Angkatan 2019 sebanyak 56 orang dan untuk Angkatan 2020 sebanyak 60 orang. Faktor sosial dalam penelitian ini meliputi lingkungan, latar belakang dan keluarga. 46% mahasiswa Angkatan 2019 dan 70% mahasiswa Angkatan 2020 yang menjawab bahwa Sekolah Dasar merupakan sumber pertama dalam mendapatkan pengetahuan halal pada Pendidikan formal. Untuk Pendidikan non-formal 37% dari jawaban Angkatan 2019 dan 30% dari Angkatan 2020 setuju bahwa keluarga menjadi lembaga pertama untuk mendapatkan tentang pengetahuan halal dan tayib. Halal berdasarkan dalam kitab suci Al-Quran Surah Al Baqarah ayat 168 ada 5 poin yaitu mengkonsumsi daging babi, alkohol, darah, bangkai, dan daging hewan yang disembelih tanpa mematuhi hukum/aturan dalam Islam. Hasil perhitungan uji t menunjukkan variabel Faktor sosial berpengaruh positif secara signifikan terhadap persepsi mahasiswa. Untuk variabel faktor psikologis dan sikap tidak berpengaruh secara langsung terhadap persepsi mahasiswa.


Keywords


Mahasiswa;Persepsi;Makanan;Halal

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Ulamai, A. H. A. A. (2019). Halal Lifestyle di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57-81.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakhtiar, Ary., Afwihi, M. Roja., Harpowo., Sudibyo, Rahmad Pulung. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Buah Dan Sayur Bagi Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang. JASc: Journal of Agribusiness Sciences, Vol 03 no 2.

Bernardo GL, Jomori MM, Fernandes AC, Colussi CF, Condrasky MD, Proena RP da C. (2018). Positive impact of a cooking skills intervention among Brazilian university students: Six months follow-up of a randomized controlled trial. Appetite 24755. 25.

Creswell, J. W.& Clark, V.L.P., (2005). Mixed Methods Research Designs in Counseling Psychology. Journal of Counseling Psychology, Vol. 52(2), pp. 224.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage publications.

Creswell, J.W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inqury and Research Design: Choosing Among Five Approaches. California: Sage Publications.

Fadloli, F., Widaningsih, W., & Chalim, A. (2021). Halal Lifestyle Of Malang State Polytechnic Students. In Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial (Vol. 3, No. 1).

Faidah, C. (2016). Perilaku Konsumsi Penduduk Usia Muda Ditinjau Dari Perspektif Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Skripsi. Program Ilmu Ekonomi. Universitas Brawijaya. Malang.

Fani, D. E. H. (2021). Pengaruh trend halal lifestyle terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram pada bank syariah. Skripsi. Program Perbankan Syariah. Universitas Islam Negeri Mataram. Nusa Tenggara Barat.

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), 428435.

Fatkhurohmah. (2015). Pengaruh Pemahaman Label Halal dan Faktor Sosial Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Fernandes AC, Oliveira RC, Rodrigues VM, Fiates GMR, Proena RP. (2015). Perceptions of university students regarding calories, food healthiness, and the importance of calorie information in menu labelling. Appetite 91:1738. 24.

Gazibara T, Kisic Tepavcevic DB, Popovic A, Pekmezovic T. (2013). Eating habits and body-weights of students of the University of Belgrade, Serbia: A cross-sectional study. J Heal Popul Nutr. 31(3):3303.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jauziyah,Shofi Shofuro Al-., Nuryanto, Tsani, A. Fahmi Arif., Purwanti, Rachma. (2021). Pengetahuan Gizi Dan Cara Mendapatkan Makanan Berhubungan Dengan Kebiasaan Makan Mahasiswa Universitas Diponegoro. Journal of Nutrition College, Vol.10, No.1, 73

Jazairi, S. A. B. J. A.-. (2015). Minhajul Muslim (Terjemah). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Jusmaliani dan H. Nasution. (2009). Religiosity Aspect in Consumer Behaviour: Determinants of Halal Meat Consumption. Asean Marketing Journal I(1): 1-12.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan Konsep Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti, h. 23

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prenhalinndo, Jakarta.

Krishnan, et al. (2017). Halal Food: Study on Non-Muslim Acceptance. American Journal of Economics, 7(1): 41-45

Lake, A.A., Hyland, R.M., Rugg-Gunn, A.J., Wood, C.E., Mathers, J.C., Adamson, A.J. (2007). Healthy Eating: Perceptions and Practice (the ASH30 study). Elsevier, 48 (2): 176-182.

Legowati, D. A. dan Albab, F. N. U. (2019). Pengaruh Attitude, Sertifikasi Halal, Promosi dan Brand terhadap Purchase Intention di Restoran Bersertifikasi Halal. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking. Vol. 2 No. 1. Pp. 39-53.

Mindadari, Reni Lestari. (2019). Persepsi Suporter Sriwijaya Fc Palembang Terhadap Berita Kematian Suporter Persija Jakarta. Thesis. UIN Raden Fatah Palembang.

Muharni, Mairyiani H, Ryanti S. (2015). Perbedaan pola makan, aktivitas fisik dan status gizi antara mahasiswa indekos dan tidak indekos Poltekkes Kemenkes Riau. Jurnal Proteksi Kesehatan 4(1):714.

Navarro-Prado S, Gonzlez-Jimnez E, Perona JS, Montero-Alonso MA, Lpez-Bueno M, Schmidt-RioValle J. (2017). Need of improvement of diet and life habits among university student regardless of religion professed. Appetite 114:614.

Nurhasah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal Pada Konsumen. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(3), 250-260.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Rineka Cipta.Hal 59-61.

Putri, Yenny Pebriani. (2014). Terpaan Program Berita Reportase Investigasi di Trans TV terhadap Persepsi Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Tenggarong. E Journal Ilmu Komunikasi, 2(3), 109-119.

Quantaniah, Nur Aniza., Noreina., Nurul, Syakinah. (2013). Selecting Halal Food : A Comparative Study Of The Muslim And Non Muslim Malaysian Student Consumer. 2nd International Conference on Technology Management , Business and Entrepreneurship

Rachim, H. A., & Santoso, M. B. (2021). Mengarusutamakan Halal Lifestyle: Antara Peluang dan Tantangan Kapasitas Perlindungan Sosial Dalam Trend Global. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2), 151-161.

Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku Organisasi, Terjemahan, (Jakarta : PT Prenhalindo), hlm. 98.

Ruder EH, Lohse B, Mitchell DC, Cunningham-Sabo L. (2019). Parent food and eating behavior assessments predict targeted healthy eating index components. J Nutr Educ Behav 51(6):7118.

Saufika A, Retnaningsih, Alfiasari. (2012). Gaya hidup dan kebiasaan makan mahasiswa. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen 5(2):15765.

Sedayu, Agung; Siregar, Sasmita; Putra, Yudha Andriansyah; Rangkuti, Khairunnisa. (2021). Persepsi Petani Cabai Merah Terhadap Penerapan Program CSR (Coorporate Social Responbility) PT Inalum Di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. JASc: Journal of Agribusiness Sciences, Vol 04 no 2.

Sholikhah, Wildan Aminatus. (2018). Pengaruh Orientasi Religiusitas Terhadap Intensi Membeli Makanan Halal Pada Mahasiwa Muslim Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Surahman, S. (2021). Makanan Halalan Thayyiban Dalam Perspektif Masyarakat Jawa Islam. ICONSYAL. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Wahbah al- Zuhayli. (1991). al-Tafsr al-Munr f al-Aqdah wa al-Syarah wa al-Manhaj, juz. 1&2 (Beirut: al-Fikr al-Musir), hlm. 73.

Woolf, V. (2020). A room of one's own. London:Renard Press Ltd.

Yusuf, W. M. (2021). Analisis Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Selera Dan Persepsi Mengenai Harga Produk Halal Terhadap Konsumsi Makanan Halal (Studi Kasus pada Masyarakat Muslim di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v6i1.11358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats