Analisis Nilai Tambah Industri Rumah Tangga Minyak Kelapa Tradisional (Minyak Plik U) di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen

Yusdiana Yusdiana, Hilda Pratiwi, Zulmi Ulya

Abstract


Nilai tambah yang semakin besar dalam produk pertanian dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang besar tentu saja berdampak dalam memperluas lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Pengolahan minyak kelapa secara tradisional di Kecamatan Jangka telah dilakukan secara turun temurun dengan teknologi sederhana dengan memanfaatkan hasil tanaman lokal. Minyak kelapa (plik u adalah salah satu bahan yang digunakan untuk memasak). Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pendapatan dan nilai tambah dari usaha Rumah Tangga Minyak Kelapa Tradisional (Minyak Plik U) di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Penggunaan sampel penelitian menggunakan teknik acak untuk menentukan kecamatan berdasarkan sentra produksi, selanjutnya dirandom sampling untuk menentukan jumlah sample indutri rumah tangga pengolahan minyak kelapa yang akan diteliti. Maka sampel yang diperoleh sebanyak 20 industri pengolahan minyak kelapa (plik u). Hasil penelitian 1) Rata-rata pendapatan dari usaha industri rumah tangga minyak kelapa tradisional (Plik U) di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen sebesar Rp. 1.422.009,72 per bulan. Dangan nilai R/C sebesar 1,46 (R/C>1), artinya layak untuk tetap dijalakan; 2) Rasio nilai tambah terbesar diperoleh dari produk minyak mencapai 82,46 persen (nilai tambah : tinggi), sedangkan pada proses produk Plik U dengan rasio nilai tambah 34,64 persen (nilai tambah : sedang).


Keywords


Kelapa, Plik U, Minyak, Pendapatan, Nilai Tambah.

Full Text:

PDF

References


Anindita, R. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Bagio, B., Kembaren, E. T., & Manyamsari, I. (2021). Analisis Nilai Tambah Biji Kopi Arabika Premium Bersertifikat Organic dan Biji Kopi Arabika Premium Tanpa Sertifikat Organik di Aceh Tengah. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 04(02), 9499.

Dilana, I. A., Nurmalina, R., & Rifin, A. (2013). Pemasaran dan Nilai Tambah Kakao di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. In Simposium Nasional Ekonomi Kakao (pp. 204213).

Gittinger, J. P. (1986). Analisa Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Universitas Indonesia (UI-Press).

Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., & Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village (Issue 8).

Irwanto. (2006). Fucus Group Discussion (FGD). Obor Indonesia. Jakarta

Kasimin, S., Bagio, B., & Manyamsari, I. (2021). Peningkatan Daya Saing Kopi Arabika Melalui Nilai Tambah Dan Kerjasama Stake Holder Di Aceh. 05(01), 2532.

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Ghalian Indonesia. Bogor

Saladin, D. (2004). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian). CV. Linda Karya.

Sharma, K. D., Pathania, M. S., & Lal, H. (2010). Value Chain Analysis and Financial Viability of Agro-Processing Industries in Himachal Pradesh. 23, 515522.

Silvana, M. (2012). Pengantar Manajemen Agribisnis.UB Press. Malang

Soekartawi. (2002). Analisis Usahatani. UI-Press.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori Dana Aplikasinya. Raja Grafindo, Jakarta

Sudiyono, A. (2002). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Syafruddin, F Reni. (2021). Ekonomi Agroindustri. NEM. Jawa Tengah

Zaini, A. (2019). Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Unggulan Di Kutai Barat. CV Budi Utama. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v6i1.11709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats