Analisis Kelayakan Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler (Gallus domesticus) (Studi Kasus : Peternakan Ayam Broiler Di Desa tapak Meriah Kecamatan Silinda Kabupaten Serdang Bedagai)

Agung Pratama Purba, Siti Balqies Indra, Rozalina Rozalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dari usaha peternakan ayam broiler. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan di Desa Tapak Meriah Kecamatan Silinda Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data Primer. Untuk mengetahui kelayakan usaha Peternakan ayam broiler dilakukan studi kelayakan finansial yang dilihat dari Net Present Value (NPV), Payback Period (PP), Internal Rate of Retunr (IRR), dan Profability Index (PI). Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini dilakukan dengan sengaja (purposive sampling). Berdasarkan hasil analisis kelayakan finansial,  hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai NPV sebesar Rp1.385.329.471,48 yang lebih besar dari 0, IRR yang diperoleh sebesar  73,3% lebih besar dari suku bunga yang ditetapkan, PI yang diperoleh sebesar 3,4 lebih besar dari 1 (satu), dan Payback Periode adalah 1 tahun 4 bulan 19 hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha peternakan ayam broiler layak untuk dijalankan.

Keywords


Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Periode, Profability Index

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, E. . (2020). Studi Kelayakan Usaha Ternak Ayam Broiler di Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Aves, 16(1).

Kasmir, D. (2016). Studi Kelayakan Bisnis (Revisi). Prenada Meda Group.

Lano, R. (2018). Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Tambak Pembenihan Udang Vannamei di Kabupaten Lampung Selatan. Universitas Lampung.

Mafit, M. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Produksi Ikan Asap Pada Home Industri Khusnul Jaya Berkah di Kota Samarinda. Administrasi Bisnis, 5(1), 230–241.

Rasyaf, M. (2012). Panduan Berternak Ayam Petelur. Penebar Sawadaya.

Pirngadi, R. S. (2022, June). The impact of flooding on rice production in the Krueng Kluet Watershed, Aceh Province, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 977, No. 1, p. 012113). IOP Publishing.

Pirngadi, R. S., Sukapiring, D. N., Utami, K., & Depari, N. R. S. (2022). FEASIBILITY ANALYSIS OF RED CHILI FARMING IN SIDODADI RAMUNIA, BERINGIN SUB-DISTRICT. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 3(1), 31-40.

Rohmawati, O. (2010). Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Ikan Hias Air Tawar Pada Arifin Fish Farm di DFesa Ciluar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Saebani, B. . (2018). Studi Kelayakan Usaha. Pustaka Setia.

Saeri, M. (2018). Usahatani dan Analisisnya. Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v7i1.14653

Refbacks




JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats