Pengaruh Store Atmosphere dalam Menciptakan Emosi yang Positif : Kasus Konsumen Café Cokelat Klasik di Kota Malang

Dian Retno Intan, Yessy Olivia Herlis, Litna Nurjannah Ginting

Abstract


Pesatnya pertumbuhan industri yang sejalan dengan peningkatan persaingan dalam industri membuat pengusaha harus mengetahui jenis proses pemecahan masalah yang digunakan konsumennya untuk membuat keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dalam menciptakan emosi konsumen. Lokasi penelitian adalah Café Cokelat yang terdapat di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan kepada 170 pengunjung cafe dengan metode consumer intercept surveys. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian menujukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi. Artinya semakin tinggi dan bagus rancangan store atmosphere maka akan memperbaiki emosi yang dirasakan konsumen. Indikator dalam store atmosphere yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen adalah layout café. Pemilik atau pengelola café sangat perlu mempelajari dan mempertimbangkan kemudahan, keteraturan dan aksesibilitas konsumen dalam penataan interior dan penempatan bagian-bagian café agar menciptakan store yang positif sehingga menimbulkan emosi positif bagi konsumen.


Keywords


Café, Emosi, Layout, Store Atmosphere

Full Text:

PDF

References


Barros, L. B. L., Petroll, M. de L. M., Damacena, C., & Knoppe, M. (2019). Store atmosphere and impulse: a cross-cultural study. International Journal of Retail and Distribution Management, 47(8). https://doi.org/10.1108/IJRDM-09-2018-0209

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi. Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, Dan ….

Dewi, A. M. (2022, October 31). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan-Minuman-di-Indonesia.html

Dewobroto, W. S., & Wijaya, K. (2022). Analysis of the Effect of Store Atmosphere and Social Factors on Emotional Responses Affecting Consumers’ Purchase Decision. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1). https://doi.org/10.31538/iijse.v5i1.1800

Dihni, V. A. (2022, March 22). Ada 4,21 Juta Industri Mikro Kecil di Indonesia, di Wilayah Mana Terbanyak? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-421-juta-industri-mikro-kecil-di-indonesia-di-wilayah-mana-terbanyak

Ginting, L. N., Herlis, Y. O., & Intan, D. R. (2022). Mengukur Store Athmosphere dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cokelat Klasik Café And Garden Malang. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 5(1). https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1804

Hawkins, D. l, Mothersbaugh, D. L., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer behavior : building marketing strategy. In y McGraw-Hill Education (Vol. 51, Issue 3).

Helmefalk, M., & Hultén, B. (2017). Multi-sensory congruent cues in designing retail store atmosphere: Effects on shoppers’ emotions and purchase behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 38. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.04.007

Madjid, R. (2014). The Influence Store Atmosphere Towards Customer Emotions and Purchase Decisions. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(10).

Mohan, G., Sivakumaran, B., & Sharma, P. (2013). Impact of store environment on impulse buying behavior. European Journal of Marketing, 47(10). https://doi.org/10.1108/EJM-03-2011-0110

Sangadji, E. mamang, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. In Andi.

Tunjungsari, S. V., Fauzi DH, A., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Emosi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 30(1).

Vieira, V. A. (2013). Stimuli-organism-response framework: A meta-analytic review in the store environment. Journal of Business Research, 66(9). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.05.009

Wuniarto, E., Kindangen, P., & Pandowo, M. H. C. (2022). The Influence of Store Atmosphere and Consumer Emotion on Purchasing Decisions at Blackcup Coffee and Roastery Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3). https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42082




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v7i1.14686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats