Peran Budaya Dan Karakteristik Gender Pada Pertanian Padi Sawah Di Desa Pasir Matogu Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan

Akbar Habib, Juita Ramadhani Manik, Robiatul Islamiyah Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk yang pertama, untuk mengetahui Berapa Besar curahan waktu pekerja laki-laki dan perempuan pada pertanian padi sawah. Kedua, Untuk mengetahui Berapa Besar kontribusi perempuan pada ekonomi rumah tangga pada pertanian padi sawah. Ketiga, Untuk mengetahui Bagaimana Peran Budaya dan karakteristik Gender pada Pertanian padi sawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus (Case study). Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis model harvard. Metode yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu metode simple random sampling, yaitu diambil secara acak sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembagian curahan waktu kerja antara laki-laki dan perempuan yang dilihat dari tiga kegiatan (Reproduksi,Produktif, dan sosial kemasyarakatan) yang  dimana pembagian waktu kerja wanita lebih banyak berperan dan mengikuti kegiatan yang dilihat dari besarnya kontribusi perempuan dalam pendapatan keluarga sebesar Rp. 6.143.578 (88,16%). Sehingga dapat dilihat dari peran budaya yang dilihat dari teori biddle and thomas budaya mempengaruhi karakter sehingga perempuan memiliki peran penting dalam pertanian padi sawah.


Keywords


Budaya dan karakteristik, Kontribusi

Full Text:

PDF

References


Rokhmansyah. 2018. Ketidaka dilan gender terhadap tokoh perempuan dalam novel Genduk karya Sundari Mardjuki: Kajian kritik sastra feminisme. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(2), 105-114.

Badan Pusat Statistika Tapanuli Selatan.

Jumlah Tenaga Kerja.

Fushshilat, S. R., dan N.C. Apsari. 2020. Sistem Sosial Patriarki Sebagai Akar Dari Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Patriarchal Social System As the Root of Sexual ViolenceAgainst Women. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 7(1), 121-127.

Hutajulu, J. P. 2015. Analisis peran perempuan dalam pertanian Di kecamatan rasau jaya kabupaten kuburaya. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4(1), 83 90.

Jalil, I. A., dan Y. Tanjung. 2020. Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 58-70.

Puspitawati, H. 2013. Konsep, teori dan analisis gender. Bogor: Departe- men Ilmu Keluarga dan Kon-sumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian.

Roswita, R., dan E. Rosa. 2019. Peran Gender Dalam Percepatan Adopsi Inovasi Teknologi Padi Sawah Di Sumatera Barat. : 4-6.

Sendow, M. M., dan W.M. Wangke. 2018. Curahan waktu kerja wanita dalam kegiatan usahatani padi sawah di Desa Rasi Satu Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Agri-

Sosioekonomi, 14(3), 105-110 .

Septiadi, M., dan W. Wigna. 2013. Pengaruh ketimpangan gender terhadap strategi bertahan hidup rumah tangga buruh tani miskin di Desa Cikarawang. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(2), 6-11.

Tanjung, P. 2017. Kondisi Sosial Ekonomi Dengan Peran Gender.

Yani, N. L. S., dan L. Indrayani. 2 021. Keterlibatan Perempuan Dalam Sektor Pertanian Untuk Menunjang Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Feminisme (Studi Kasus Di Desa Songan, Bangli, Bali). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 261-269.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v7i2.17034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats