Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Non Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Kota Banda Aceh

Suyanti Kasimin, Ika Mulya Florita, Edy Marsudi, Qhisthina Atikah

Abstract


Begitu banyaknya penawaran dari Coffee Shop melalui promosi, baik pada media sosial maupun non media sosial. Hal ini  semakin memicu persaingan di berbagai Coffee Shop yang memang sudah sangat banyak terdapat di Kota Banda Aceh sehingga tak sedikit Coffee Shop yang gulung tikar (bangkrut). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial dan promosi non media sosial terhadap keputusan pembelian pada Coffee Shop di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan hasil dari analisis linier berganda, secara simultan variabel promosi media sosial, promosi non media sosial, bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Shop di Kota Banda Aceh. Kemudian dari hasil perhitungan secara parsial di dapat hasil bahwa variabel promosi media sosial, promosi non media sosial, berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian pada Coffee Shop, selanjutnya pengaruh promosi media sosial lebih tinggi dari pada promosi non media sosial di Kota Banda Aceh.


Keywords


Keputusan Pembelian, Media Sosial, Promosi

Full Text:

PDF

References


Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108.

Badan Pusat Statistik. (2022). Provinsi Aceh Dalam Angka 2022. In B. P. Aceh (Ed.), BPS Provinsi Aceh. BPS Provinsi Aceh.

Dhisasmito, P. P., & Kumar, S. (2020). Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). British Food Journal, 122(7), 2253–2271.

Fauzi, C. B., Mandey, S. L., & Rotinsulu, J. J. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing di Coffee Shop Pulang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 51. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39392

Harfaina, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek SA ’ I Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 581–591.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.

Lesmana, H. (2021). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Cafe Teraswara Sidodadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan Serta Makanan Halal Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(4), 511–523.

Nazla, H., Kasimin, S., & Saiful Bahri, T. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Pada Warung Kopi Di Banda Aceh Masa Pandemi Covid-19 Untuk Penentuan Strategi Pemasaran (Identification of Internal and External Factors at Coffee Shops In Banda Aceh During the Covid-19 Pandemic to Determine Marketing Strategy). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(4), 325–333. www.jim.unsyiah.ac.id/JFP

Nugroho, A. K. A., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Waktunya Coffee, Malang). 11(2), 156–163.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Rizki, B. A., Sofyan, & Marsudi, E. (2022). ( The Impact Of The Covid-19 Pandemic On The Culinary Business Of The Coffee Shop Ulee Kareng District Banda Aceh City ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(November), 515–522.

Tamher, E. R., Tabelessy, W., & Tahapary, G. (2019). Atmosfer cafe pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan cafe pasir putih di kota Ambon. Soso-Q: Jurnal Manajemen, 7(2).

Wulansari, R. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 255. https://doi.org/10.32493/jee.v1i4.10706

Yusuf, A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v8i1.18244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats