Analisis Perbandingan Keuntungan Penjualan Lidah Mertua (Sansevieria) Dan Kembang Lembut Di Kios Tanaman Hias Yanie Garden, Jakarta Barat

Annatasya Firandinni, Bambang Kholiq Mutaqin

Abstract


Tanaman hias adalah tanaman yang memiliki nilai keindahan. Ada beberapa jenis tanaman hias seperti Sansevieria sp dan tanaman kembang lembut. Tanaman Sansevieria sp. banyak digemari bukan hanya untuk mempercantik ruangan. Tanaman ini juga mampu menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, asap rokok dan gas beracun lainnya. Selain itu, ada Kembang lembut yang umumnya ukurannya kecil dan memiliki banyak jenisnya. Kembang lembut umumnya terdiri dari tanaman Taiwan beauty (Cuphea hyssopifolia), tanaman Puring (Codiaeum variegatum), tanaman Rombusa (Tabernaemontana corymbosa), Pucuk merah (Syzygium myrtifolium), dan lainnya. Kedua tanaman ini sangat diminati masyarakat sehingga memiliki nilai ekonomis. Nilai ekonomis tanaman hias tersebut dapat dijadikan peluang usaha yang bernilai tinggi. Menyadari hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai perbandingan keuntungan dari kedua jenis taman hias tersebut di kios tanaman hias Yanie Garden. Hal ini penting untuk mengetahui jenis tanaman hias manakah yang memiliki nilai ekonimis yang berbeda di Jios Tanaman Hias Yanie Garden. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis tanaman mana yang lebih menguntungkan dari kedua jenis tanaman tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriftif dengan cara survey melalui pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan narasumber. Hasil dari penelitian ini adalah kembang lembut menghasilkan keuntungkan yang lebih besar dibanding lidah mertua (Sansevieria).


Keywords


Analisis Usahatani, kembang lembut, Sansevieria, tanaman hias, Yanie Garden

Full Text:

PDF

References


Amir, N. O., Mustikawati, D., & Malang, U. M. (2019). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo Kota Batu. Pertanian, Jurnal Ekonomi Agribisnis Dan Pertanian, 3, 681–688. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.3

Arya, S. M., Wahid, R., & Purnamasari, E. D. (2022). Pemasarasan Melalui Media Sosial di TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi Tingkat Keviralan? Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 17–34. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.4439

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi. http://repository.ibik.ac.id/1470/1/DIGITAL MARKETING.pdf

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research.

Dawan, D. A. (2022). Journal homepage: http://journal.stiekop.ac.id/index.php/komastie. Journal Koperasi Dan Manajemen, 03(April).

Faznur, L. S., Wicaksono, D., & Anjani, R. (2020). Inovasi Tanaman Sansevieria (lidah mertua) Sebagai Sirkulasi Udara Alami di Lingkungan kampung Bulak Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–10.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku generasi z terhadap penggunaan media sosial tiktok: tiktok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kirschner, J. (2004). New sections in. Tzvelev 1987, 259–274. https://doi.org/10.1016/S0022-0302(15)30021-7

Mutaqin, B. K., Zaki, M. J., & Firandinni, A. (2021). Galeri Agribisnis Indonesia. Fapet Unpad.

Novita, D., Herwanto, A., Cahyo Mayndarto, E., Anton Maulana, M., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312

Nurcahyani, V. D., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Keterlibatan Konsumen terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Skincare MS Glow Beauty. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(06), 201–212. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Palupi, T. I., Prasetyo, E., & Mukson, M. (2019). Analisis Pendapatan Usahatani Bunga Melati (Jasminum sambac) Di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. SOCA: Jurnal Sosial, Ekonomi Pertanian, 13(3), 396. https://doi.org/10.24843/soca.2019.v13.i03.p09

Perdian, A. (2017). Model Partisipasi Kontraktor Skala Kecil Dalam Pelelangan. Jurnal Media Teknik Sipil, 15(1), 1. https://doi.org/10.22219/jmts.v15i1.4488

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis teknik digital marketing pada aplikasi tiktok (studi kasus akun tiktok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Putri, V., Marlein, S., & Song, N. (2024). Inventaris Jenis Tanaman Lidah Mertua ( Sansevieria sp ) di Desa Ongkaw Kecamatan Sinonsa yang Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara a Program. 13(1), 29–31.

Ratnadewi, D., Izzati, A. N. H., & Tjahjoleksono, A. (2015). Pertumbuhan Planlet Lidah Mertua (Sansevieria sp.) Blue Leaf dari Kultur Kalus. Jurnal Sumberdaya Hayati, 1(1), 15–18. https://doi.org/10.29244/jsdh.1.1.15-18

Rosanti, D. (2017). Keanekaragaman Morfologi Daun Sansevieria. Sainmatika, 14(2), 67–71.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Suhartono, B. R., & Suhartono, D. K. (2023). Analisis Hubungan Persentase Kendaraan Berat Terhadap Kebisingan di Jalan Tol Padaleunyi. 10(2), 348–354.

Supiani, S., & Sinaini, L. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Tanaman Hias (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri di Desa Bangunsari Kabupaten Muna). Paradigma Agribisnis, 3(1), 1. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3634

Widyaningsih, N., Marwanti, S., & Awani, S. N. (2014). Analisis usaha rangkaian bunga (Studi Kasus Pada Florist Kalisari Semarang). Mediagro, 10(1), 31–41.

Yuzzami, W. J., S, H., T, H., Sugiarti, S, M., T, T., IP, A., & Sudarmono, W. H. (2010). Ensiklopedia Flora Jilid I. In Ensiklopedia Flora Jilid I. PT Kharisma Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v8i1.18834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats