Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Imagro Freshmart Kota Payakumbuh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di Imagro Freshmart Kota Payakumbuh. Variabel independen yang diteliti meliputi kualitas produk, harga, lokasi, dan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara lokasi dan pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan. Uji F menunjukkan bahwa keempat variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk dan harga merupakan faktor utama dalam menarik pelanggan di Imagro Freshmart, sehingga strategi pemasaran harus lebih fokus pada peningkatan kedua aspek tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, Livia. Y. Ferra. D. D. (2019). Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Tingkat_Partisipasi. Jurnal Matematika UNAND, VIII(1), 179–188.
Azizi, D. H., Hildayanti, S. K., & Kurniawan Mohammad. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Banda Baru Palembang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1292–1303. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2309
Cahyani, D. P. M. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART RAYA SEMEMI SURABAYA Prijati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(8).
Cahyarani, I. (2018). PENGARUH GAYA HIDUP SEHAT, SIKAP KONSUMEN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK MAKANAN ORGANIK THE INFLUENCE OF HEALTHY LIFESTYLE, CONSUMER BEHAVIOUR AND PRICE PERCEPTION ON THE PURCHASE INTENTION FOR ORGANIC FOOD. Manajemen Bisnis Indonesia, 294–301.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, IX, 104–112.
Dermawan, D. (2020). PENGARUH CITRA TOKO, LOKASI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(10), 17–22. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/2020.+Januari.+10(1).+3.+Didit+(17-24)%20(1).pdf
Dewi, P. M. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Honda Mpm Basra (Basuki Rahmad) Kota Malang Era Pasca Pandemi Covid-19. 3(2), 212–219.
Farikha, Z. D., & Samboro, J. (2024). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO MINISO MALL OLYMPIC GARDEN KOTA MALANG. Administrasi Dan Bisnis, 18, 1–11.
Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIASI Dengan Program IBM SPSS 25 (EDISI 9).
Gozi, A., Teguh Widayanto, M., Indah, Y., & Tyas, W. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Susu SGM di Supermarket Sinar Terang Probolinggo). In Journal Management, Accounting, and Digital Business JUMAD (Vol. 1, Issue 5).
Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508
Jahroni, J. , E. A. S. R. M. & D. Darmawan. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234–10241.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip PEMASARAN.
Putri, W., & Dewi, A. (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. GRAHA HONDA CABANG MARTUBUNG. Widiya, 5(1), 869–884. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl
Rafa, M. O., Siska, E., & Indra, N. (2023). Analisis Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin. 1(2).
Syaifuddin. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Elco Indonesia Sejahtera. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6, 240–245. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.856
Toiba, H. (2019). Perubahan Pola Konsumsi, Belanja Dan Pengeluaran Pangan Di Perkotaan Jawa Timur: Pendekatan Analisis Cluster. https://sosek.ub.ac.id/doc/2019/Semnas%202019/PROSIDING-SEMNAS-PEMBANGUNAN-IV-2019.pdf#page=69
DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v9i2.25434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JASc (Journal of Agribusiness Sciences)
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats