Analisis Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Keliling (Studi Kasus Kopi Keliling Ajoe Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk Kopi Keliling Ajoe di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, melibatkan 100 responden yang memenuhi kriteria. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan keunikan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga dan kemudahan tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, keempat variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 56,6%. Penelitian ini menyarankan peningkatan kualitas produk dan inovasi dalam keunikan produk untuk menarik lebih banyak konsumen. Strategi harga yang kompetitif dan kemudahan akses juga perlu dipertimbangkan meskipun pengaruhnya tidak signifikan secara parsial. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku konsumen di pasar kopi keliling sebagai fenomena gaya hidup modern.
Keywords
References
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107.
Ayu Septiani, V., Ika Wijayanti, C., Larasati, U., Khansa Nazhiifah, A., Zuhri, S., Studi Ilmu Komunikasi, P., & Veteran Jawa Timur, U. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA KOPI KELILING SEBAGAI ALTERNATIF GAYA HIDUP GEN Z.
Bimantara, Y., & Novita, D. (2022). PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio di Lampung). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive
Chin, W. W., & Todd, P. A. (1995). On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. In Source: MIS Quarterly (Vol. 19, Issue 2).
Fadlilah Nasution, H. (2018). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam PENGARUH KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). 4, 26–39.
Igiasi, T. S. (2017). Kedai kopi sebagai ruang publik: Studi tentang gaya hidup masyarakat Kota Tanjungpinang. Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1), 18–20.
Janie, D. N. A. (2012). STATISTIK DESKRIPTIF & REGRESI LINIER BERGANDA DENGAN SPSS.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip–prinsipPemasaran (12th)(the principle of Marketing). PenerbitErlangga, Jakarta.
Lestari, R., Hertati, L., & Rahmaniyah, S. (2020). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia.
Mardiatmoko, G. (2020). PENTINGNYA UJI ASUMSI KLASIK PADA ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Mulyana, A. H. (2024). Pengaruh Faktor Lokasi, Keunikan Produk, dan Pengetahuan Karyawan Terhadap Kekuatan Strategis Perusahaan Dalam Manajemen Strategis.
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44–57.
Oentoro, D. (2012). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Permana, I. A., Ramdan, A. M., & Faizal Mulia Z. (2019). KEKUATAN KEUNIKAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.
Poli, V., Kindangen, P., Ogi, I., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2015). THE ANALYSIS OF QUALITY, PROMOTION AND UNIQUE INFLUENCES TO PURCHASING DECISION IN SOUVENIR AMANDA COLLECTION.
Rinaldi, M., & Nanang Prayudyanto, M. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN BUS TRANSJABODETABEK DENGAN METODE UJI ASUMSI KLASIK DAN UJI REGRESI LINEAR BERGANDA. In Seminar Nasional Ketekniksipilan (Vol. 1, Issue 1).
Selvi, S., & Ningrum, L. (2021). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City-Jakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(1), 23–30.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.
DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v9i2.25885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JASc (Journal of Agribusiness Sciences)
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats