Strategi Pengembangan Pemasaran Agroindustri Kopi Robusta Gapoktanhutbun Maju Mapan Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Tri Hadi Sumitra Lada, Abdoel Djamali, Hariadi Subagja

Abstract


Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekspor tinggi dalam peningkatan pendapatan nasional, melalui cukai dan devisa. Akan tetapi banyaknya faktor penyebab yang mempengaruhi nilai suatu produk ditangan konsumen, khususnya pada faktor pemasaran kopi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, adalah analisis faktor internal (IFE) dan eksternal (EFE), perumusan strategi dengan analisis SWOT, dan dilanjutkan dengan penentuan alternatif strategi dengan menggunakan Analytical Hierarki Process (AHP). Hasil analisis data dalam penilitian ini terdapat 8 faktor yang terdiri 4 faktor internal yaitu 2 faktor kekuatan dan kelemahan, serta 4 faktor eksternal yaitu 2 faktor peluang dan ancaman. Perumusan strategi kelompok tani pertama ialah ketersediaan petani memiliki bobot 0,310 dan prioritas strategi kedua ketersediaan bahan baku memiliki bobot 0,179 prioritas ketiga dukungan kelembagaan 0,163 dan prioritas ke empat ketersediaan teknologi moderen 0,078. Pada alternatif strategi dengan AHP menghasilkan 5 alternatif strategi akan tetapi 1 alternatif strategi yang direkomendasikan kepada kelompok tani yaitu penyediaan promosi yang memiliki nilai sebesar 0,363. Pada strategi prioritas utama ialah dengan membangun tim promosi dalam meningatkan pemasaran kopi robusta di konsumen.

Kata Kunci : Kopi Robusta, Faktor IFE dan EFE, SWOT, AHP, Kabupaten Jember.


Keywords


Kopi Robusta, Faktor IFE dan EFE, SWOT, AHP, Kabupaten Jember.

Full Text:

PDF

References


Ari A, F., Elvira, I., dan Fajri. 2017. Strategi Pengembanan Usaha Pengolahan Kopi Arabika Studi Kasus : Usaha Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala.

Ahmad, N, M., dan Nugroho. 2019. Perncangan Panduan Buku Seduh Kopi Manual Untuk Home Brewers. Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom.

Abadi, M, S. 2019. Strategi Pemasaran Kop Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Andi, R., Hasbi. 2018. Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Di Kabupaten Bantaeng Dengan Metode AHP. Program Studi Manejemen. Sekolah Tinggi Muhammadiyah Palopo.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Produk Domestik Bruto 2014-2018.

Jember : BPS Kabupaten Jember

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Kabupaten Jember Dalam Angka 2018.

Jember : BPS Kabupaten Jember

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2019. Kabupaten Jember Dalam Angka 2019.

Jember : BPS Kabupaten Jember

Candra, D., Dini, R., dan Cecep. 2018. Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta. (Studi kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis) Fakultas Pertanian. Universitas Padjajaran.

David, R Fed. 2011. Manejemen Strategi Konsep Jakarta: Selemba Empat

Dhian, D,. Donny D., dan Ria 2019. Penilaian Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Pasca Tambang Di Areal PT. Trubaindo Coal Mining Kabupaten Kutai Barat. Program studi Agroteknologi Universita Mulawarman.

Dwi, Prasetyawati, T. 2017. Strategi Pemasaran Kopi Di Kabupaten Tana Toraja. Universitas Hasanuddin Makasar.

Fatmawati, Kurniawan, dan Suryadi. 2018. Analisis Daya Saing Dan Strategi Pemasaran Kopi Bubuk JAVA COFFEE. Politeknik Negeri Jember.

Galih Tri Haryadi dan Tjahjono. D., 2018. Analisis Startegi Pemasaran Kopikuy Marketing Strategy Analysis Koikuy. Fakultas Ekonomis Bisnis, Universitas Telkom.

Hafiz F, A., Ermi T., dan Evi M., 2016. Analisis Pemasaran Kopi Bubuk Merek Silvia Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurusan Agribisnis. Universitas Riau.

Heru S., Ftria, D., dan Lutfina F., 2013. Analisis Permintaan dan startegi pengembangan agribisnis kopi di indonesia. fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya

I Kade M., I Nyoman., dan Nyoman, P. 2015. Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Lumbung Mas Kelurahan Beng Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. Fakultas Petanian. Universitas Udayana Bali.

Kottler, P. (1997). Manejemen Pemasaran Edisi 9 Analisis, Perancanaan, Implementasi, dan Kontrol. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kottler, P. (2002). Manejemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanan, Implementasi Dan Pengendalian. Selembat Empat. Jakarta.

Phiong, S., dan Surjana, D., 2018. Mengukur konerja sumber daya manusia dengan pendekattan Human Resouces dan alat ukur OMAX (objeective Matrix) pada bagian Produksi PT. Fajarindo Faliman Zipper. Jakarta : Jurnal Teknik Industri.

Prayitno. 2016. Pengaruh Lahan, Sumber Daya Manusia Dan Teknik Budidaya Terhadap Produksi Kopi Rakyat Di Kabupaten Jember. Tesis Program Studi Agribisnis. Politeknik Negeri Jember. Jawa Timur.

Marimin. 2011. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manejemen Rantai Pasok, STP. Bogor: IPB Press.

Mohammad, R., dan Gema, A,Y. 2015. Strategi Pemasaran Dan Penngembangan Usaha Kopi Arabika Rakyat Di Desa Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Jawa Timur

Nie Luh, A., Oka, S., dan I Dewi, G. 2016. Strategi Pemasaran Kopi Pada Perusahaan Kopi Banyuatis. Universitas Udaya. Denpasar Bali.

Nadya, H, L., dan Dini, R. 2019. Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi KADAKA CAFETARIA Di Kota Bandung. Fakultas Pertanian. Universitas Padjadjaran

Nining, R., dan Danang E, P. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Bubuk PDP Kahyangan Di Kabupaten Jember. Kabupaten Jember Jawa Timur.

Saaty, T, L., 2008. Decision Making With The Analytic Hierarchy Process, Int. J. Services Sciences.

Titin, Listiyani. 2020. Analisis Potensi Ekspor Kopi Indonesia Ke Negara Asia Afrika. Program Studi Ekonomi, Universitas Pertamina.

Tjiptono. 2008. Strategi pemasaran. edisi 3. Yokyakarta

Widya. A dan Z. Fatimah., 2019. Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan SWOT dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Primavista Solusi. Universitas Indarprasta PGRI.

Yaning Tri Hapsari., 2018. Pengukuran Kualitas Dan Brand Dengan Metode AHP (Analythic Hierarchy Process). Unuiversitas PGRI Yokyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v4i2.6862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats