Pemasaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Tani Jeruk Siam (Citrusnobilis) di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat

Rias Tampani Lubis, Rahmanta Rahmanta, Tavi Supriana

Abstract


Jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura yang layak untuk dikembangkan, karena usaha tani jeruk memberikan keuntungan yang tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan petani. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah saluran pemasaran dan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan petani di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Dengan menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif dari sampel data sekunder dan data primer yang diambil langsung dari petani dan pedagang dengan jumlah populasi sebanyak 46 yang di proporsikan 36 petani, 5 agen dan 5 pedagang eceran. Pengujian dilakukan dengan uji F untuk serempak dan uji T untuk pengujian secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan Hanya terdapat dua saluran pemasaran yakni saluran tingkat satu (one level channel) dan saluran tingkat dua (two level channel) dengan marjin sebesar 62,19% antara petani dan agen sedangkan 27,81% antara agen dengan pedagang eceran, kemudian produksi, harga, modal, sewa lahan dan upah tenaga kerja, secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan petani dan secara parsial variabel produksi, harga, dan modal terdapat pengaruh terhadap pendapatan petani namun secara parsial tidak terdapat pengaruh antara sewa lahan dan upah tenaga kerja terhadap pendapatan petani jeruk Siam di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat

Keywords


Jeruk Siam, Pemasaran, Pendapatan

References


Agromedia. (n.d.). Bertanam Jeruk di Dalam Pot dan di Kebun. Agromedia Pustaka.

Alitawan, A. A. I., & Sutrisna, K. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI JERUK PADA DESA GUNUNG BAU KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI. 6(5), 31.

Amin, M. M., Harisudin, M., & Setyowati. (2016). ANALISIS MARJIN PEMASARAN TEMULAWAK DI KABUPATEN WONOGIRI. Vol. 4 No. 3, 550559.

Anita, Muaini, A., & Suyatno, A. (2012). ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JERUK SIAM DI KECAMATAN TEBAS KABUPATEN SAMBAS. Vol. 1 No. 1, 2231.

Drakel, A. (2010). KAJIAN MARJIN PEMASARAN KOPRA DI KECAMATAN OBA DI KOTA TIDORE KEPULAUAN. Vol. 3 Edisi 1.

Ginting, J., Sibuea, M. B., & Rahmanta. (2016). STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN LEUSER KABUPATEN ACEH TENGGARA. Vol. 4 No. 1.

Hanafiah, S. (1986). Tataniaga Hasil Perikanan (3rd ed.). UI Press.

Januwiata, I. K., Dunia, I. K., & Indrayani, L. (2014). ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHATANI JERUK DI DESA KERTA KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR TAHUN. Vol. 4 No. 1.

Luntungan, A. Y. (2012). Analisis Tingkat Pendapatan Usatani Tomat Apel di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa. Vol . 7 No. 3.

Mandala, P., Maharani, E., & Muwardi, D. (2016). ANALISIS PEMASARAN JERUK SIAM DI DESA LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Vol. 3 No. 2.

Murtiningrum, F., & Silamat, E. (2019). ANALISIS USAHATANI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI JERUK GERGA DI DESA RIMBO PENGADANG KECAMATAN RIMBO PENGADANG KABUPATEN LEBONG. Vol. 17 no. 1. https://doi.org/10.32663

Nainggolan, I., Tarigan, K., & Salmiah. (2013). Analisis Usahatani Jeruk dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Petani.

Singarimbun, M. (2011). Metode Penelitian Survei. LP3S.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v5i1.7516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats