Urgensi Kolaborasi Stakeholder dalam Peningkatan Kualitas Layanan Publik

Fajrin Rizki Abdillah

Abstract


Pelayanan publik yang berkualitas merupakan tujuan utama setiap lembaga pemerintah. Kolaborasi antar stakeholder, baik internal maupun eksternal, telah diakui sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Namun, keberhasilan dari kolaborasi tergantung pada beberapa faktor, seperti shared motivation, mutual trust, mutual understanding, internal legitimation, dan commitment. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap praktisi di lingkungan pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dapat menjadi pilihan dalam membangun kolaborasi stakeholder untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. ABCD membantu praktisi untuk memanfaatkan potensi masyarakat sebagai aset dalam membangun kolaborasi stakeholder. Dalam konteks ini, ABCD telah terbukti dapat memfasilitasi terbentuknya shared motivation, mutual trust, mutual understanding, internal legitimation, dan commitment yang diperlukan untuk mencapai tujuan kolaborasi. Oleh karena itu, pendekatan ABCD direkomendasikan sebagai alat untuk membangun kolaborasi stakeholder yang efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Full Text:

PDF

References


Tilano, F. A., & Suwitri, S. (2019). COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM UPAYA KESELAMATAN LALU

LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KOTA SEMARANG. e-journal Universitas Diponegoro.

Maulana, M. (2019, Desember). ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT : Strategi Pengembangan

Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. EMPOWER : Jurnal Pengembangan Masyarakat

Islam, 4(2), 259-278. Diambil kembali dari

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/empower/article/view/4572/pdf_16

Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PROGRAM

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). JURNAL KOLABORASI RESOLUSI KONFLIK, 3(1), 115-

Ahlamuddin, Aziz, H., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community

Development (ABCD) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0.

INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, 4(4), 321-331. Diambil kembali

dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/29109/17527

Yuwana, S. i. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode

Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Jurnal

Abdimas (journal of community service): Sasambo, 4(3), 330-338. Diambil kembali dari

https://journal-center.litpam.com/index.php/Sasambo_Abdimas/article/view/735/501

Fauzia, M. (2017). Kolaborasi antar Stakeholder dalam Pembangunan Inkusif pada Sektor Pariwisata (Studi

Kasus Wisata Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi). Kebijakan dan Magament Publik, 5(3), 1-13.

Diambil kembali dari https://repository.unair.ac.id/67701/1/Sec.pdf

Berliandaldo, M., Chodiq, A., & Fryantoni, D. (2021). Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam

Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis

dan Manajemen Indonesia, 4(2), 221-236. Diambil kembali dari

http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/179/158

Raharja, S. J. (2009). Kolaborasi Sebagai Strategi Bisnis Masa Depan. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1). Diambil

kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/72669-ID-kolaborasi-sebagai-strategibisnis-masa.pdf

KURTZ, L. S. (2012). Stakeholder Analysis. Socially Responsible Finance and Investing : Financial Institutions,

Corporations, Investors, and Activists.

Woldesenbet, W. G., & Kebede, A. A. (2020). Multi‐stakeholder collaboration for the governance of water supply

in Wolkite, Ethiopia. Environment, Development and Sustainability.

Savage, G. T., Bunn, M. D., Bunn, M. D., Xiao, Q., Wang, S., Wilson, E. J., & William, E. S. (2010). Stakeholder

Collaboration: Implications for Stakeholder Theory and Practice. J Bus Ethics, 21-26.

Harrison, R., Blickem, C., Lamb, J., Kirk, S., & Vassilev, I. (2019). Asset-Based Community Development:

Narratives, Practice, and Conditions of Possibility—A Qualitative Study With Community Practitioners.

SAGE Open, 1-11.

Andrews, R., & Beynon, M. J. (2017). Managerial Networking and Stakeholder Support in Public Service

Organizations. Public Organiz Rev, 237-254.

Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, F. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi

Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). DEDIKASI, 105-122.

Rianti, S., Rusli, Z., & Yuliani, F. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 412-




DOI: https://doi.org/10.30596/jisp.v5i1.14736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.