Analisis Kinerja Aparatur Pemerintah Terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis E-Government Di Kota Bogor

Nadira irsalina, Gili Argenti, Kariena Febriantin

Abstract


This research aims to find out and analyze the performance of government officials regarding e-government-based public complaint services in Bogor City in implementing the SiBadra application in the Bogor City Communication and Information Service. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. The research results show that: 1) In terms of productivity, Bogor City Diskominfo, as the person responsible, already has standard operating procedures. If there is still no response, the mayor will immediately take action against the OPD. Because Sibadra itself has been regulated in the guardianship and has become a Bogor City Government program. 2) The quality of service at Sibadra has been quite good, and we are always trying to make improvements. Sibadra itself has a WhatsApp service, so it could be easier. There is no longer any reason for people not to use this service. Apart from that, it takes up to 2x24 hours to produce a public report. 3). Sibadra's services continue to improve from year to year; this includes transparency of Sibadra website reports, to see reports that have been received and resolved. 4). From the side of the Sibadra team itself, there has been cooperation; the form of cooperation itself is in the form of solving problems or complaints from the community.

Keywords: Apparatus Performance, E-Government, Community Complaints, SiBadra Application, Bogor City.


Full Text:

PDF

References


Buku

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hetzer, E. 2012. Central and Regional Government, Jakarta: Gramedia.

Indrajit, R. E. (2016). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital.Yogyakarta: Andi.

Indrajit, Ricardus Eko dkk. 2006. E-Government In Action: Ragam Kasus Implementasi Sukses Di berbagai Belahan Dunia. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Mukarom, Zaenal., MuhIbudin Wijaya Laksana. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supranto, J. 2007. Statistik untuk Pemimpin Berwawasan Global. Jakarta: Salemba Empat (Edisi kedua).

Suryadi, K, Ramdhani, A. (2003), Sistem Pendukung Keputusan, Bandung: Rosda.

Jurnal

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 24-29.

Apriyansyah, A., Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 10-24.

Fadelisa, P., Pramono, J., & Suranto, J. (2022). Kinerja Pemerintah Desa Cemeng Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Dalam Pelayanan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Solidaritas, 6(2).

HasIbuan, A., & Sulaiman, O. K. (2019). Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. Buletin Utama Teknik, 14(2), 127-135.

Hidayat, J. T. (2021). Identifikasi Kondisi Dan Permasalahan Penerapan Dimensi Smart Mobility Dalam Pengembangan Konsep Smart City Di Kota Bogor. Jurnal Teknik| Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak, 22(2).

Muhana, R. A., & Manar, D. G. (2022). Analisis Inovasi Kebijakan Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SIBADRA) Kota Bogor untuk Penguatan Demokrasi dan Partisipasi Publik. Journal of Politic and Government Studies, 11(4), 78-92.

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) e-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1433-1447.

Rambet, J. E., Pangemanan, F. N., & Undap, G. (2023). Kinerja Balai Penyuluhan Pertanian Dalam Meningkatkan Produksi Tanaman Hortikultura Di Kecamatan Motoling Timur. Governance, 3(1).

Yunas, N. S. (2018). Desain Kebijakan Reformasi Sistem Perpajakan Melalui E-Taxation Di Indonesia: Belajar Pada Keberhasilan Reformasi Sistem Perpajakan Di Jepang. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 71-89.

Tesis, Skripsi dan Disertasi

Alpiansyah, A. (2022). Efektivitas e-Government Dalam Pelayanan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat (Doctoral Dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Gultom, B. (2020). Upaya Pelayanan Kepada Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Kerja Kecamatan Di Kantor Camat Hamparan Perak (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Meyfrylinda, D. (2020). Strategi Komuikasi Pemerintah Kota Bogor dalam Mensosialisasikan Aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SiBadra) (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Undang-Undang atau Peraturan

Peraturan Intruksi Presiden no.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Dalam Pengembangan e-Government.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI).

Peraturan daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik daerah.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor Tahun 2020.

Website

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. (2014, Desember 22). kominfobogor.go.id. Diambil kembali dari Kominfo Kota Bogor gelar sosialisasi e-Government: https://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/921/kominfo-kota-bogor-gelar-sosialisasi-e-Government.

Pakuan raya. (2021, September 24). Pakaronline. Diambil kembali dari Layanan Sibadra Kini Bisa Via Wa: https://pakuanraya.com/layanan-sibadra-kini-bisa-via-wa/.

Sayuti, S. (2021, September 15). nolmeter.com. Diambil kembali dari Sudah Tahun, Aplikasi Pengaduan Warga Kota Bogor SIBadra Belum Optimal: 2021.

Media Sosial

Bimaaryasugiarto. (2019, May 10). Instagram. Diambil kembali dari https://www.instagram.com/p/BxRVEQgHewl/

Bimaaryasugiarto. (2019, April 28). Instagram. Diambil kembali dari https://www.instagram.com/p/BwzLPwAnwD5/?utm_source=ig_web_copy_link.

kominfobogor. (2022, Oktober 4). Instagram. Diambil kembali dari https://www.instagram.com/p/CjR8kV6L7Q6/?igshid=YmMyMTA2M2Y=




DOI: https://doi.org/10.30596/jisp.v5i1.16997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.