DAMPAK BULLYING TERHADAP PERILAKU REMAJA MASA KINI

Sesha Agistia Visty

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena bullying dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak bullying terhadap perilaku remaja, dan bagaimana cara sekolah mengatasi dampak bullying dilingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bullying terhadap perilaku korban menyebabkan korban takut dan menarik diri dari lingkungan pergaulan, mendiamkan saja, dan menjadikan bullying sebagai pendorong untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, juga siswa yang menjadi korban melawan dengan membully balik siswa yang membullynya Dampak bullying bagi pelaku ialah timbulnya perasaan bersalah dan menyesal pada diri pelaku. Cara sekolah untuk mengatasi dampak bullying dilingkungan sekolah ialah dengan pemberian sugesti dan motivasi bagi pelaku dan korban bullying. Hasil penelitian menunjukkan kurang dari 50% subjek penelitian yang sering dan selalu melakukan bullying, namun seluruh subjek penelitian pernah terlibat dalam perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying verbal yang paling sering dilakukan. Faktor keluarga, teman sebaya, dan sekolah membentuk perilaku bullying pada remaja. Meskipun dalam persentase yang kecil bullying juga berdampak terhadap kecenderungan depresi pada remaja, di mana depresi tersebut berakibat adanya pikiran untuk melakukan bunuh diri dan melukai diri.


References


Priyatna, Andri. 2010. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mintasihradi, 2019. Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja. Mataram.

Adilla, Nissa. 2009. Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kriminologi Indonesia, 5 (1): 56-66.

Barry, M. Dahlan Al. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arkola

Novalia, Ricca. 2016. Dampak Bullying Terhadap Kondisi Psikososial Anak di Perkampungan Sosial Pingit. SKRIPSI: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pratiwi, Indah. 2016. Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying Siswa SMK Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. SKRIPSI: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Amien, Agus Supriyanto, & Hardi Prasetiawan. 2018. Peer Guidance untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Remaja.

Yuliani, Mita. 2017. Dampak Perilaku Bullying Pada Siswa di SMP Pengudi Luhur Klaten Tahun Ajaran 2017/2018 (Studi Kasus Pada 2 Siswa SMP Pengudi Luhur Klaten Tahun Ajaran 2017/2018). SKRIPSI: FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sarwono, S.W. (2006). Psikologi remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Veronica, F. (2007). Pola asuh, harga diri, dan perilaku bullying di sekolah. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.

Kaltiala-Heino, R., Rimpela, M., Marttunen, M., Rimpela, A. & Rantanen, P. (1999). Bullying, depression, and suicidal ideation in finnish adolescents: school survey. BMJ, Vol. 319, No. 7206, p. 348-351.

Moutappa, M., Valente, T., Gallaher, P., Rohrbach, L. N. & Unger, J. B. (2004). Social Network Predictors of Bullying and Victimization. Adolescence Journal, Vol. 39, No. 154, p. 315-336.




DOI: https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.