Hubungan Perilaku Personal Hygiene Dan Kualitas Air Dalam Ember Kamar Mandi Terhadap Keputihan Patologis Di Panti Asuhan Yatim Piatu Siti Khadijah

Rizma Ayu Vanindita Putri

Abstract


Abstrak: Keputihan adalah masalah kesehatan reproduksi pada remaja. Keputihan di bagi dalam dua jenis yakni keputihan fisiologi dan patologis. Keputihan fisiologis disebabkan yang dapat menyebabkan keputihan fisiologis adalah gairah seksual, pra-menstruasi, ovulasi dan kehamilan. Keputihan patologis adalah kelainan atau adanya infeksi, memiliki ciri-ciri antara lain: warna kekuningan, gatal pada daerah genital dan berbau. Keputihan patologis merupakan infeksi yang dapat menjadi masalah kesehatan reproduksi pada wanita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perilaku personal hygiene dan kualitas air dalam ember kamar mandi terhadap keputihan patologis Penelitian dilakukan di Panti Asuhan Siti Khadijah dengan jumlah responden sebanyak 34 orang. Penelitian ini berupa penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode pengambilan sampel secara total sampling. Data mengenai perilaku personal hygiene dan keputihan patologis diperoleh dari wawancara dengan remaja putri. Data mengenai kualitas air diambil berdasarkan hasil laboratorium. Analisis data dijalankan dengan mengaplikasikan uji statistik chi-square. Didapati adanya hubungan yang bermakna antara perilaku personal hygiene buruk dengan keputihan patologis (p=0,000), terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas air kamar mandi dengan keputihan patologis (p=0,012). Perilaku personal hygiene buruk dapat menyebabkan keputihan patologis. Kualitas air yang tak memenuhi syarat bisa memicu keputihan patologis Perilaku personal hygiene baik dan kualitas air yang memenuhi syarat dapat mencegah terjadinya keputihan patologis


Keywords


personal hygiene behavior, water quality, pathological flour albus.

Full Text:

PDF

References


Judha M, Tjatjo YY. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Kondisi Sosial Dengan Kejadian Keputihan Fisiologis. Med Respati J Ilm Kesehat. 2019;14(2):127.

Putri NM. Analisis Perilaku Perineal Hygiene Dan Sanitasi Air Bersih Terhadap Keputihan (Flour Albus) Pada Remaja Putri Tingkat Menengah Atas Di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Indralaya. Skripsi. 2018;1–30.

Zahara IW. Profil mikroorganisme penyebab keputihan pada wanita usia reproduktif di rumah sakit umum daerah dr. pirngadi kota medan. 2019;45–6.

Nur Endah Oetari. Personal Hygiene dan Keberadaan Candida Albicans Dengan Gejala Keputihan Pada Remaja Putri. 2020;

Badan pusat statistik kota semarang. jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan kelompok umur. 2019;

Dina Fikriyana yusuf irwan budiono. Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Menstrual Hygiene Genitalia Pada Siswi Smplb Tunagrahita Di Kota Semarang Tahun 2015. 2016;1(1):56–61.

Cahyaningtyas, A. Y. (2015) ‘Hubungan Perilaku Hygiene Organ Reproduksi Dengan Kejadian Abnormal Flour Albus Pada Remaja Putri di SMP N 17 Surakarta.12, pp. 65–78

Fallis A. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Vaginal Hygiene Terhadap Kejadian Keputihan Patologis Pada Remaja Putri Usia 13-17 Tahun Di Daerah Pondok Cabe Ilir. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2013. 1689–1699 p.

Hasan F, Ruhban A. Hubungan Sanitasi Dasar Dengan Kejadian Penyakit Diare Dan Penyakit Kulit Di Hunian Sementara Pasca Bencana Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Sulolipu Media Komun Sivitas Akad dan Masy. 2020;20(2):326.

Abrori, Andri Dwi Hernawan. Faktor yang berhubungan dengan kejadian patologis siswi SMAN 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Unnes J Heal 6.2017




DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v4i1.10639

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v4i1.10639.g9141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Kontak (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id