Analisa Perubahan Pola Hidup Masyarakat Berdasarkan Ketersediaan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitarnya

Teguh Prastiyo, Zetira Utari Aprilia, Andika Putra Ramadha, Riki Arianda

Abstract


Abstrak: Penelitian ini membahas perubahan gaya hidup manusia yang dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya alam. Perubahan tersebut dapat terjadi dalam berbagai aspek, seperti perubahan jenis makanan, perubahan kebiasaan konsumsi, dan pergantian teknologi. Ketika sumber daya alam yang digunakan untuk mendukung gaya hidup tertentu semakin langka atau tidak tersedia lagi, manusia dapat beralih ke alternatif yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Contoh perubahan yang dapat terjadi meliputi beralih ke makanan nabati, menggunakan bahan alternatif yang lebih ramah lingkungan, atau mengadopsi teknologi yang menggunakan sumber daya terbarukan. Meskipun perubahan ini dapat membantu menjaga keberlanjutan lingkungan dan gaya hidup manusia, mereka juga memerlukan investasi besar dan waktu yang lama untuk diterapkan. Dengan memperhatikan keuntungan jangka panjang dan konsekuensi yang mungkin terjadi, manusia dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam mengubah gaya hidup dan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, pemahaman tentang ketersediaan sumber daya alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia perlu diperhatikan agar dapat menjaga keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan yang lebih baik.

 

Keywords


Pola Hidup, Sumber Daya Alam.

Full Text:

PDF

References


Hadiana, R., & Kusumaningrum, D. A. (2021). The Impact of Natural Resources on Changes in Human Lifestyle. KnE Social Sciences, 4(20), 186-196.

Kusumarini, N., & Rachmawati, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pergantian Pola Konsumsi Masyarakat di Era Digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 49-61.

Mahendra, R. R., & Sembiring, M. (2021). Analisis Pergantian Jenis Makanan Berbasis Sumber Daya Alam di Indonesia. Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 1(1), 14-21.

Sari, R. P., & Susilo, E. (2020). Perubahan Teknologi Energi Terbarukan Sebagai Upaya Dalam Mengurangi Emisi Karbon Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Bidang Rekayasa dan Teknologi, 4(1), 1-8.

Setyowati, E., & Arief, S. (2020). Pergantian Teknologi Pengolahan Limbah Industri Menjadi Bahan Bakar Gasifikasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, 21(1), 19-25.




DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v4i3.14822

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v4i3.14822.g10117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Kontak (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id