Edukasi Bahaya Penggunaan Gadget Dalam Waktu Lama Pada Anak-Anak Migran Di Malaysia
Abstract
Abstrak: Penggunaan gadget di kalangan anak-anak semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi, termasuk di kalangan anak-anak migran di Malaysia. Gadget menjadi sarana hiburan dan pembelajaran, tetapi penggunaan yang tidak terkendali dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik, mental, dan sosial anak-anak. Edukasi mengenai bahaya penggunaan gadget yang berlebihan sangat penting untuk diterapkan, terutama bagi keluarga migran yang mungkin mengalami kesulitan dalam memberikan pengawasan yang optimal. Sosialisasi adalah cara edukasi yang dipandang tepat untuk menyampaikan bahaya penggunaan gadget dalam waktu yang lama. Beberapa dampak utama dari penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak termasuk masalah kesehatan fisik, seperti gangguan penglihatan, postur tubuh yang buruk, dan risiko obesitas akibat kurangnya aktivitas fisik. Selain itu, ada dampak psikologis yang serius, seperti gangguan perhatian, masalah tidur, hingga kecanduan gadget yang dapat mengganggu perkembangan sosial dan emosional anak-anak. Penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat menyebabkan keterisolasian sosial, mengurangi interaksi anak dengan keluarga dan teman sebaya, serta menurunkan kemampuan komunikasi dan keterampilan sosial mereka. Kegiatan ini dilaksanakan pada sanggar belajar (SB) Pandan Indah, Malaysia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Januar Mahardhani A. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air. J Pancasila Dan Kewarganegaraan. 2018;3(2):56-63. doi:10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp56-63
Maksum A, Surwandono S. Nasionalisme Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia dalam Narasi Media Sosial. Nation State J Int Stud. 2018;1(2):159-179. doi:10.24076/NSJIS.2018v1i2.124
Ayunda R, Yusuf RR, Disemadi HS. Efektivitas Kebijakan Pemerintah Tentang Perlindungan Sosial Pekerja Migran Indonesia: Studi Hukum di Provinsi Kepulauan Riau. JUSTISI. 2021;7(2):89-104. doi:10.33506/js.v7i2.1248
Oktafia DP, Triana NY, Suryani RL. Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review: Duration Of Gadget Use On Personal Social In Preschool Age Children: Literature Review. Borneo Nurs J BNJ. 2022;4(1):31-47. doi:10.61878/bnj.v4i1.48
Rahmatullah IF, Risma R, Syarah S, Meisya P, Hopeman TA. Pengaruh Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Kesulitan Membaca dan Mengantuk Saat Pembelajaran di Kelas pada Anak Sekolah Dasar. IJEDR Indones J Educ Dev Res. 2024;2(2):720-725. doi:10.57235/ijedr.v2i2.2021
Susanti S, Pulungan F, Rezki MA, Purba MP. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. 2024;2(1).
Siregar N, Rambe NY. Pendidikan Kesehatan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Anak Di Sd Negeri 200119 Kota Padang sidimpuan Tahun 2023. 2023;2(1).
DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v5i4.21622
DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v5i4.21622.g12584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.
Kontak (WA): 0812-6208-2844
E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id