Persepsi Gaya Belajar Generasi Z Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract
Abstrak : Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996 hingga 2010 yang mana generasi ini disebut sebagai generasi yang dipengaruhi oleh paparan langsung teknologi dan mempengaruhi segala aspek terutama gaya belajar generasi Z. Generasi Z umumnya memiliki karakteristik seperti memahami dan menggunakan teknologi, senang bersosialisasi, multitasking, memiliki ambisi tinggi, cenderung praktis dan instan, mencintai kebebasan dan kepercayaan diri yang tinggi, menyukai hal detail, dan berkeinginan besar mendapat pengakuan. Gaya belajar terdiri atas Visual, Auditori, dan Kinestetik. Pendidikan kedokteran dengan berbagai metode pembelajarannya dapat menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk beradaptasi dan menyesuaikan metode pembelajaran dengan jenis gaya belajar masing-masing mahasiswa. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui persepsi gaya belajar generasi Z di Fakultas Kedokteran UMSU. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel ada 314 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU. Berdasarkan skor rerata tertinggi pada kuesioner karakteristik generasi Z didapati sebesar 3.64 pada indikator “memiliki ambisi untuk sukses”, sedangkan skor rerata terendah adalah sebesar 2.84 pada indikator “multitasking”. Gambaran gaya belajar mayoritas dijumpai pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU memiliki gaya belajar kinestetik (37.26%) sekitar 117 orang. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki persepsi gaya belajar visual paling sering mengingat sesuatu jika menuliskannya dengan rerata skor sebesar 2.75. Sementara itu, jarang mengalami kesulitan dalam memahami sebuah lelucon ketika seseorang menceritakannya dengan rerata skor sebesar 1.83. Persepsi gaya belajar auditori paling sering dapat memahami sesuatu apabila diberikan penjelasan oleh orang lain dengan rerata skor 2.54. Sementara itu, jarang merasa lelah ketika menulis dan menekan pena terlalu keras, yaitu dengan rerata skor 2.09. Persepsi gaya belajar kinestetik paling sering dapat belajar dengan baik jika diperlihatkan cara melakukan sesuatu dan memiliki kesempatan untuk melakukannya dengan rerata skor 2.78. Sementara itu, paling jarang merasa bahwa belajar di meja merupakan kebiasaannya dengan rerata skor 1.88. Dijumpai gaya belajar yang paling banyak pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU yaitu gaya belajar kinestetik, dengan metode pembelajaran yang mendukung pada pendidikan kedokteran yaitu Keterampilan Klinis Dasar (KKD) dan praktikum. Karakteristik generasi Z yang dijumpai pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU yaitu mampu memahami dan menggunakan teknologi, memiliki ambisi yang besar, cenderung praktis dan instan, terbiasa akan kebebasan dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, menyukai hal detail, berkeinginan besar mendapat pengakuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Habibah N, Rahmawati S, Sayekti A. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Generasi Z di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan. 2019;33(2):7-18. doi:10.21009/pip.332.2
Kristyowati Y. Generasi “Z” dan Strategi Melayaninya. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. 2021;02(1):23-34.
doi:10.31219/osf.io/w3d7s
Gawda B, Korniluk A. Multitasking among modern digital generations Y and Z. Journal of Modern Science. 2022;49(2):421-430. doi:10.13166/jms/156323
Bhakti CP, Safitri NE. Peran Bimbingan dan Konseling untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Persepektif Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Konseling Gusjigang. 2018;3(2).
Bokhari N, Zafar M. Learning styles and approaches among medical education participants. Journal of Education and Health Promotion. 2019;8(1).
doi:10.4103/jehp.jehp_95_19
Sari MI, Lisiswanti R, Oktaria D. Pembelajaran Di Fakultas Kedokteran : Pengenalan Bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Kedokteran Lampung. 2016;1(2):399-403.
Hendarta, M. Perbedaan Gaya belajar Antara Tipe Kepribadian introvert Dan Ekstrovert Pada Mahasiswa fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). 2020.
http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/ 123456789/17205/1708260008_SKRIPSI.pdf
?sequence=1
Dolot A. The characteristics of Generation Z. Journal Academic by Warsaw School of Economics. 2018;(74):44-50. doi:10.15219/em74.1351
Zis SF, Effendi N, Roem ER. Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial. 2021;5(1):69-87.
doi:10.22219/satwika.v5i1.15550
Hastini LY, Fahmi R, Lukito H. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 2020;10. doi:10.34010/jamika.v10i1
Mansur A, Ridwan R. Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan
Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2022;17(1):120-130. doi:10.29408/edc.v17i1.5922
Rahmi MN, Samsudi MA. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar. Jurnal Edumaspul. 2020;4(2):355-363.
Nofriansyah N, Pernantah PS, Riyadi S. Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2022;4(1):1565-1574. doi:10.31004/edukatif.v4i1.1899
Fatmawati, Hidayat MY, Damayanti E, Rasyid MR. Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Al Asma: Journal of Islamic Education ISSN. 2020;1(2):23-31.
Magdalena I, Nur A. Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2020;2(1):1-8.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Bahrawi N. Analysis of Factors That Influence The Preference of Cognitive Style Learning Model when Using Technology Devices. Journal Pekommas. 2020;5(1):31. doi:10.30818/jpkm.2020.2050104
Sari, DE. Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2019;29(1), 9–10.
Prakasa G, Anisa R, Sulistyowati E. Korelasi Kemandirian Belajar dan Kemampuan Reporting terhadap Nilai Ujian Akhir Blok Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Jurnal Bio Komplementer Medicine. 2020;9(1);18-26.
doi:10.33474/jki.v91i.8864.
Demak IPK, Juraejo FAJ, Rupawan IK. Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Kemampuan Komunikasi Pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako. Jurnal Kesehatan Tadulako, 2019;5(1), 1–63.
Maulana R, Putra A. Pengaruh Penerapan Metode Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Terhadap Pengembangan Perilaku Kepemimpinan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. 2018;3(1):349-356.
Anwar TM, Lisiswanti R, Wulan AJ, Saftarina
F. Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam Diskusi Problem- Based Learning Blok Agromedicine. Medula. 2019;9(1), 140–142.
Oktaria D, Hamidi S. Outcome Dan Tantangan Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pendidikan Kedokteran Outcome Dan Tantangan Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pendidikan Kedokteran. Medula. 2019;8(2):47-52.
Susanti L, Hamama P. Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health and Medical Journal. 2019;1(2), 55–58.
Tifani M, Hardiana AN, Suyata P. The Effectiveness of VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Model in Learning of Summary Writing. International Journal of Research & Review. 2018;5(8):43. Available from: www.ijrrjournal.com. Accessed at August, 2018.
Alfi RM. Pengaruh Karakteristik Generasi Z Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Indonesia). 2019.
Hatmawan AA, Riyanto S. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Sleman: CV Budi Utama. 2020.
Muaviah E, Lathifaturrahma, Dewi AA, Febriani N. Generasi Z: Melangkah di Era Digital dengan Bijak dan Terencana. Journal of Social Contemplativa.2023;1(2); 63-81.
Narotama IBI, Rustika IM. Peran Harga Diri dan Efikasi Diri Terhadap Social Loafing
Pada Mahasiswa Preklinik Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udaya. Jurnal Psikologi Udayana. 2019;56-67.
Pujiono A. Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Journal of Christian Education. 2021;2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Luailiyah A, Hilmi AZ, Sahariani M. Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal. 2022;1(3), 114–121.
https://doi.org/10.20961/plexus.v1i3.45
Mihelič KK, Lim VKG, Culiberg B. Cyberloafing among Gen Z students: the role of norms, moral disengagement, multitasking self-efficacy, and psychological outcomes. Eur J Psychol Educ. 2023;38, 567–585. https://doi.org/10.1007/s10212-022-00617-w
Akbar S, Darungan TS, Tania H. Investigasi Perubahan Gaya Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran: Penelitian Longitudinal. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2021;5(2), 214–223. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ko mdik
Jefri M, Anggraini D, Oktora MZ. Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal. 2022;1(1),35-45.
http://journal.scientic.id/index.php/sciena/issu e/view/1
Ahisya H, Utami D, Farich A. Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 2020;9(1), 103–108.
https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.229
Abdillah R, Pamungkasari EP, Damayanti KE. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Nexus Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan. 2017;6(1).
Wahyuni, Y. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 2017;10(2), 128-129
DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v7i1.25049
DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v7i1.25049.g14131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.
Kontak (WA): 0812-6208-2844
E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id


