Hubungan Pendidikan Dan Pengetahuan Wanita Dewasa Terhadap Perilaku Pencegahan Kanker Payudara Dan Kanker Serviks Di Lingkungan Keluarga Binaan Kesehatan Kelurahan Tegal Sari Mandala II

Sacca Tiara Harlin, Dwi Mayaheti Nasution

Abstract


Abstrak: Kanker payudara dan serviks adalah masalah kesehatan utama pada wanita di dunia dan di Indonesia. Faktor pendidikan dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kanker payudara dan serviks menyebabkan peningkatan kejadian penyakit ini. Pentingnya pengetahuan tentang payudara dan kanker serviks diharapkan agar masyarakat termotivasi untuk melakukan perilaku preventif dan melalui perilaku preventif diharapkan dapat menurunkan kejadian kanker payudara dan serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pendidikan dan pengetahuan seorang wanita terhadap perilaku yang dicegah dari kanker payudara dan rahim dalam lingkup keluarga yang diawasi di Tegal Sari Mandala II.  Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Hasil: Penelitian ini menggunakan uji Kruskal-Wallis. Analisis uji Kruskal-Wallis yang kami dapatkan dari P Value menunjukkan sig asim dalam korelasi antara pendidikan dengan perilaku kanker payudara yang dicegah (P Value=0,004), antara pengetahuan dengan perilaku kanker payudara yang dicegah (P Value=0,008), antara pendidikan dengan perilaku kanker rahim yang dicegah (P Value=0,037). Ada korelasi antara pendidikan dengan pengetahuan seorang wanita mencegah perilaku terhadap perilaku kanker payudara dan rahim yang dicegah dalam wilayah keluarga yang diawasi di Tegal Sari Mandala II.


Keywords


Pendidikan, pengetahuan, perilaku yang dicegah, kanker payudara dan serviks

Full Text:

PDF

References


American Cancer Society. Global Cancer Facts & Figures 3rd Edition. Atlanta Am Cancer Soc. 2015.

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Situasi Penyakit Kanker.Jakarta:Kementrian Kesehatan RI. 2015.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Stop Kanker.jakarta:Departemen kesehatan. 2015.

Universitas K, Ratulangi SAM, Tangka J, Rottie J. Hubungan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Cara Periksa Payudara Sendiri Pada Mahasiswi Semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. 2013;1.

Priyatin C, Ulfiana E, Sumarni S. Faktor resiko yang berpengaruh terhadap kejadian kanker payudara di RSUP DR.Kariadi semarang. 2013;2.

Kemenkes P, Prodi S, Tuban K. Hubungan pengetahuan dengan upaya pencegahan kanker payudara pada wanita usia subur di kecamatan semanding kabupaten tuban. 2013:152-159.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Notoatmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Dahlan MS. STATISTIK untuk kedokteran dan kesehatan, ed.6. Epidemiologi indonesia; 2014. p.71.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan statistik Pendidikan . Data Pendidikan Untuk Lembaga Internasional.2013.

Theresia Pasu. Hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan wanita usia 20-40 tahun mengenai (SADARI) sebagai upaya deteksi dini kanker payudara di Desa Namosuro. 2014.

Syahputra E, Ade W, Suyanto. Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap tindakan wanita pekerja seksual tidak langsung tentang papsmear dan IVA sebagai deteksi dini kanker serviks di Hotspot X Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru.2016.

Angrainy Rizka. Hubungan pengetahuan, sikap tentang SADARI dalam mendeteksi dini kanker payudara pada remaja.2017.

Labibah Ulfah H, Indarjo S, Cahyati W H. Perilaku deteksi dini kanker payudara pada wanita dengan riwayat keluarga kanker payudara.2016.

Okky Ni Putu. Hubungan antara pengetahuan kanker payudara dan perilaku SADARI pada wanita dewasa dini.2009.

Raharjo S, Kusumawati E. Hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan pada masyarakat perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Banyumas. 2011.

Darmasari, Titin. Hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan WUS tentang deteksi dini kanker payudara sendiri di Kelurahan Tambak Rejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. 2016.

Handayani Dwi Sri.Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku para wanita dewasa awal dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri di Kelurahan Kalangan Kecamatan Pedan Klaten.2008

Pamungkas K S. Hubungan antara pengetahuan Ibu tentang kanker payudara dengan perilaku SADARI pada kader posyandu Kecamatan Delanggu

Sari S L. Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan dini kanker serviks pada pasien di klinik seroja Kota Kediri

Syahputra E, Ade W, Suyanto. Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap tindakan wanita pekerja seksual tidak langsung tentang papsmear dan IVA sebagai deteksi dini kanker serviks di Hotspot X Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru.2016

Yanti N V. Hubungan tingkat pengetahuan Ibu tentang kanker serviks dengan perilaku Ibu dalam melakukan PAPSMEAR di Kelurahan Tugu Utara pada tahun 2013.2013.

Utami, Nungki Marcellia. Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku deteksi dini kanker serviks pada pasangan usia subur di Wilayah kerja puskesmas Sangkrah, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakart.2013

Delima N, Bahar H, Erawan P. Perilaku pencegahan kanker serviks pada mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat Universitas Halu Oleo.

Universitas Indonesia, Sylvana. Gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku pencegahan kanker serviks pada mahasiswi S1 fakultas psikologi. 2012.

Gustiana D, Dewi Y I, Nurcahayati S. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan kanker serviks pada wanita usia subur. 2014;1

Diasih Y, Zulfitri R, Woferst R. Faktor- faktor yang berhubungan dengan upaya wanita usia subur melakukan deteksi dini kanker serviks.2017.

Parapat F T, dkk. faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku deteksi dini kanker leher rahim metode inspeksi visual asam asetat di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung.2016.

Wulandari R W. Hubungan pengetahuan kanker serviks dengan perilaku melakukan IVA atau PAPSMEAR pada ibu-ibu usia 24-50 tahun di Dusun Greges Donotirto Kretek Bantul Yogyakarta.2017.

Rahmadhan Rifqi. Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap tindakan wanita pekerja seksual tidak langsung tentang PAPSMEAR di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta tahun 2012.2012.




DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v2i3.5391

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v2i3.5391.g9040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Kontak (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id