Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Reyna Cintiya, Hemma Yulfi

Abstract


Abstrak : Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seseorang dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir dan memecahkan soal. Prestasi belajar merupakan suatu indikator yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan seseorang dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa FK UMSU. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 122 orang. Uji analisis menggunakan uji Kruskal-Wallis Test, dengan nilai signifikasi p < 0.05. Mahasiswa IPK dengan pujian 7 (5.7%) dengan gaya belajar auditori, IPK sangat memuaskan 65 (53.3%) dengan gaya belajar auditori, IPK memuaskan 46 (37.7%) dengan gaya belajar auditori, IPK kurang 4 (3.3%) dengan gaya belajar visual auditori. Hasil  uji  didapatkan p=0.24. Tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa FK UMSU


Keywords


gaya belajar, indeks prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Jill A. Slater. Does gender influence learning style preferences of first-year medical students?.2015(31) 336–3423.doi: 10.7860/JCDR/2015/5809.3090

Maria, A and Andreea, B. (2014). Self-directed learning, personality traits and academic achievement.Procedia Social and Behavioral Sciences, hlm. 640-644doi: 10.7860/JCDR/2014/8089.466.

Leatemia, L. D., Susilo, A. P., & Berkel, H. Self-directed learning readiness of Asian students: student perspective on a hybrid problem based learning curriculum. International Journal of Medical Education, 2016:7:385-392.

Shah DK, Yadav RL, Sharma D, et al. Learning approach among health sciences students in a medical college in Nepal: a cross-sectional study. Advances in Medical Education and Practice. 2016;7:137-143.

Nyambe, H., Harsono, & Rahayu, G. R.. Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 2016:5(5), 67-77.

Saeid, N., & Eslaminejad, T. Relationship between student’s self-directed-learning readiness and academic self-efficacy and achievement motivation in students. International Education Studies, 2017:10(1), 225-232

Kulkarni NS, Patil PA, Javali SB. Learning styles preferences of first year medical students of JN Medical College Belgaum: a single institute experience in Karnataka, India. Natl J Integr Res Med.2015;6(3):80-3.

López BG, Cerveró GA, Rodríguez JMS, Félix EG, Esteban PRG. Learning styles and approaches to learning in excellent and average first-year university students. Eur J Psychol Educ. 2013;28(4):1361-79 5

Ahmad A, Abulaban A, Al Shawwa L, Merdad A, Baghlaf S, Abu-shanab J, et al. Factors potentially influencing academic performance among medical students. Adv Med Educ Pract 2015;65;(23):145-156

Ahmad A, Abulaban A, Al Shawwa L, Merdad A, Baghlaf S, Abu-shanab J, et al. Factors potentially influencing academic performance among medical students. Adv Med Educ Pract 2015;65;(23):145-156

Saleh M. Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan kampus dan Aktif Berorganisasi Terhadap prestasi akademik. J Phenomenom. 2014;4(2):109–41.

Rahmayani, I., Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Fakultas Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.2017

Kharb, P., Samanta, P., Jindal, M., Singh, V.The learning styles and the preferredteaching-learning strategies of first year medical students. J Clin Diagn Res;2013:7:92-1089

Sarabi-Asiabar,A., et.al, The Relationship Between Learning Style Preferences and Gender, Educational Major and Status in First Year Medical Student, Iran Red Crescent Med J, 17(1): 2015:77-83

Suryono., 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran.Sumedang. 2015;234-289

Kuniya, K.,2015.Hubungan Gaya Belajar dan Pendekatan Belajar terhadap Hasil Ujian Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung,Majority;2018;7(2):1-6

Hadi Peyman.,2014,Using VARK Approach for Assessing Preferred Learning Styles of First Year Medical Sciences Students: A Survey from Iran,Journal of Clinical and Diagnostic Research. 2014 Aug, Vol-8(8): GC01-GC04,DOI: 10.7860/JCDR/2014/8089.4667

Japlani Nia., Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan 2015,Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia,2018




DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v4i1.6576

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v4i1.6576.g9001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Kontak (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id