Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dalam Peningkatan Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan di Sekolah SMP Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah

Meidola Hutauruk, Elpina Hutapea, Nazra Indrawati, Nurlaila Solin, Susianti Susianti

Abstract


Kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan kegiatan perencanaan, proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai salah satu tolak ukur dalam melihat kualitas kerja pada sebuah lembaga atau instansi. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan di Sekolah SMP Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk melihat kualitas kerja tenaga kependidikan yang dipandang perlu untuk kepentingan sekolah.

Keywords


Monitoring:Evaluasi;Kualitaskerja

Full Text:

PDF

References


Anonim, Alquran dan Terjemahannya, Jakarta: iCV Wicaksana, 2012.

------------, Pedoman Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian, 2017.

------------, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) pada BAB XI Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Pasal 39 Ayat 1.

------------, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai iPustaka, 2013.

------------, Pemendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah.

A.M,Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruz Media, 2012.

Danim,Sudarwan, Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka iCipta, 2010.

-------------, Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya, 2013.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansyah, Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah (Membangun Sekolah Yang Bermutu), Bandung: Alfabeta, 2013.

Makawimbang, Jerry H., Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: Alfabeta. 2012.

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, i2011.

----------------. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2011.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi, Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rama, Tri, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung, 2013.

Sobry Sutikno,M., Manajemen Pendidikan (Lengkap Praktis Mewujudkan Lembaga iyang

Unggul (Tujuan Umum idan

Islam), Lombok: Holistica, 2012.

Stoner dalam Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Suparta, Munzier, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amisco, i2010.

Suparta, Munzier dan Hery Noer Aly, Metodologi Pengajaran Agama Islam, iJakarta: AMISSCO, 2010.

Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License