Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan

Prita Indriawati, Nurliani Maulida, Dias Nursita Erni, Wanda Haditiya Putri

Abstract


Kinerja guru adalah tingkat keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan guru tersebut dalam mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan sebagai seorang guru. Guru yang memiliki kinerja yang baik dapat dipastikan akan berhasil dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru. Namun pada kenyataannya banyak fakta yang menunjukkan bahwa kinerja guru masih terlihat belum optimal sehingga perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan. Kinerja guru kurang optimal karena guru hanya melaksanakan tugas-tugas rutin tanpa kreatifitas. Kemampuan guru berinovasi relatif tertutup, dan kreativitas tidak termasuk prestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kinerja guru dalam mutu pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja guru dalam mutu pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa setiap hari di SMAN 02 Balikpapan diadakan rapat tinjauan manajemen (RTM) yang bertujuan untuk melakukan kegiatan evaluasi mutu yang dapat meningkatkan kinerja guru menjadi lebih baik. Terjadi peningkatan kinerja guru berimplikasi pada antusiasme peserta didik  terhadap proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran setiap peserta didik dapat dibebaskan untuk menekuni talentanya masing-masing sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dengan itu peserta didik bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, hal ini menjadi salah satu pencapaian kinerja guru.

Keywords


Pendidikan; Pengajaran; Penelitian; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198.

Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 11–14.

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–11.

Badrun Kartowagiran. (2006). KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI). 13(Ii), 166–173.

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., & ... (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi …, 1(1).

Ermianto, E. (2022). Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 29–39.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Muhammad Fadhli Pendahuluan Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting , karena mutu pada dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan dengan produk lainnya . Penignkatan mutu mer. Jurnal Studi Management Pendidikan, 1(02), 26.

Faqihudin, M. (1970). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 51–63.

Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 1(3), 258–264.

Fitriadi, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru Guna Mewujudkan Kompetensi, Kinerja, Mutu Pendidikan di Sekolah dasar Menuju Abad ke 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 187–193.

Ii, B. A. B. (2017). LANDASAN TEORI A . Kinerja Guru “ Kinerja ( prestasi kerja ) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas pengalaman dan kesungguhan serta Menurut Ivor K . Davies mengatakan. 13–122.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).

Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 21(2), 186.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.

Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19.

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Smp. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97.

Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212.

Tannady, P. G. dan H. (2009). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi”, Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI). 2016, 121.

Abdullah, Mulyana. 2018. “Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17(3): 190–98.

Badrun Kartowagiran. 2006. “KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI).” 13(Ii): 166–73.

Ermianto, Ermianto. 2022. “Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik.” Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi 7(2): 29–39.

Faqihudin, Muhammad. 1970. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Dirosah Islamiyah 1(1): 51–63.

Kusumasari, Indah Respati. 2022. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Majalah Ilmiah Dian Ilmu 21(2): 186.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License