Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban

Talitha Ikhtiara, Agus Jaya, Hanifa Raiha Zahratina, Dea Kristina Madalena, Novienta Putri, Ade Suryanda

Abstract


Pendidikan sangat penting bagi keberlangsungan hidup kedepannya, baik untuk individu maupun masyarakat, maka pelaksanaan Pendidikan haruslah telah berjalan secara efektif pada setiap wilayah baik itu wilayah 3T, wilayah daerah, maupun wilayah urban yang kabarnya telah berjalan efektif karena perkembangan wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran biologi urban. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 89 Jakarta berjalan secara efektif dan sistematis, yakni tersedianya kurikulum, metode ajar, bahan ajar, media ajar, fasilitas yang memadai, serta sumber pembelajaran yang sesuai  dengan memperhatikan kebutuhan karakteristik siswa. Terdapat juga hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 89 Jakarta, yaitu masih minimnya ketersediaan buku teks biologi sebagai sumber pembelajaran yang tersedia di sekolah dan keterbatasan guru dalam mendapatkan referensi pelaksanaan merdeka belajar. Oleh karena itu, guru diharuskan dapat beradaptasi dengan perubahan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi untuk memperbanyak sumber pembelajaran.

Keywords


Kurikulum merdeka;Pembelajaran biologi;Sekolah urban

Full Text:

PDF

References


Suryanto, Adi, Biologi dan Metode Ilmiah, Jakarta : Universitas Terbuka,

Aryani, L. D. ,2022, Studi Analisis Permasalahan Pembelajaran Biologi Di Sekolah Urban, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 104-108.

Pratama, F., Banila, L., Sari, I. H. K., Dayuwati, T. I., & Suryanda, A. (2022). Problematika Pembelajaran Biologi Urban dan Solusinya. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 244-249.

Hardati, P., Rijanta, R., & Ritohardoyo, S. (2014). Struktur mata pencaharian penduduk dan diversifikasi perdesaan di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 11(1), 84-95.

Hafis, A. (2017). Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Dari Petani Ke Pengrajin Batu Bata Di Dusun Dasan Baru Desa Lenek Daya Kecamatan Aikmel Dalam Tinjauan Ekonomi. SOCIETY, 8(1), 1-20.

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Pertanian perkotaan: urgensi, peranan, dan praktik terbaik. Jurnal Agroteknologi, 10(01), 49-62.

Huda, M. S. (2021). PERMASALAHAN SEKOLAH DI PERKOTAAN. Cross-border, 4(1), 30-36.

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan pendidikan desa dan kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2), 293-303.

Khusaini, K., & Muvera, M. (2020). Prestasi Belajar dan Karakteristik Orang Tua: Studi Perbandingan Sekolah Menengah Atas Perkotaan-Pedesaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 296-310.

Sofiatin, S., Azmi, N., & Roviati, E. (2016). Penerapan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (studi eksperimen kelas X MIPA di SMAN 1 Plumbon). Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 15-24.

Wulandari, R., Santri, D. J., & Zen, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 46-53.

Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-7.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.

Vidayanti, Nurul (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Kadikma. Vol. 8, No 1.

Ratnawati, E., & Asniawati, A. (2020). Pemberian Motivasi Melalui Cerita Dan Games Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia SD Dan SMP. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204-213.

Fauziah, I. S., & Habibah, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Nugroho, Gladine. (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Ainia, Dela Khoirul. (2020). MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANAGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Mahasiswa Pascasarjana Filsafat Universities Gadjah Mada.

Ariyati, M. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika dan IPA, I(2): 1-12.

Angga, dkk. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Maulida, Utami. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi. Vol. 5, No. 2.

N.M.A.E.D. Wirastuti, dkk. (2016). PERANCANGAN DAN INSTALASI JARINGAN KOMPUTER LOCAL AREA NETWORK (LAN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KINTAMANI BANGLI. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(3).

Tohir, Mohammad. (2019). Menjadi Guru Idaman Siswa. Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.

Saleh, Meylan. 2020. Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1:51–56.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7 (2): 120- 133.

BP, Abd Rahman, dkk. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asasmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License