Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar

Endang Pujiarti, Amiruddin Amiruddin, Ratna Sari, Friska Deliana Purba, Kartika Dewi Ahmadi, Sri Mulya

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi kurikulum merdeka dalam menongkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMKS 2 Tamansiswa Pematang Siantar. Subyek penelitian ini adalah guru dan Kepala Sekolah SMKS 2 Tamansiswa Pematang Siantar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket dan observasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model M. B. Miles & A. M. Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua Program Merdeka Belajar telah terimplementasikan secara umum, khususnya di kelas X dan XI. SMKS 2 Tamansiswa Pematang Siantar merupakan salah satu sekolah yang menjalankan program SMK Pusat Keunggulan.

Keywords


Kurikulum Merdeka; Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


Aktar, Amini (2021) “ Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematang Siantar” Jurnal Edumaspul Vol.5 No.2 (2021) 660-667.

Arifin Zainal, (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL (ISU DAN TANTANGAN MASA DEPAN).

(Bandung: Jurnal UPI). Vol. 1. No. 3.

Cucu Suhana, (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Husna Asmara (2015). Profesi Kependidikan.Bandung: Alfabet.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Materi Rakor Merdeka Belajar: Pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). An expanded sourcebook qualitative data analysis. Thousand Oaks: SAGE Publications

Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

———–. 2018. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No16 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru

Robotham. 2017. Competences : Measuring The Immeasurable, Management Development Review, Vol. 9, No. 5, hal. 25-29.

Sulhati, Rosliana, (2018) “ Pengaruh Komunikasi Kohesivitas Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan”, Jurnal : APPPTMA Ke -8

Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Usman, M Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License