Aplikasi Frenlite sebagai Upaya Meningkatkan Skor PISA Test Indonesia di Era Kenormalan Baru

Kus Indrani Listyoningrum, Leilani Devina Nastiti, Lies Nurhaini

Abstract


Akhir-akhir ini, dunia sedang dilanda pandemi yang mampu melumpuhkan kegiatan di berbagai sektor, termasuk di bidang pendidikan. Akibatnya, kebijakan baru untuk melakukan semua kegiatan dari rumah mulai digencarkan, salah satunya penerapan pembelajaran jarak jauh yang berpengaruh terhadap penurunan mutu pendidikan di Indonesia. Agar dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang mutu pendidikan, terdapat sebuah tes berskala internasional dengan nama PISA test. Namun, hasil skor PISA terbaru di Indonesia mengalami penurunan di saat Indonesia masih dapat melaksanakan pembelajaran luring. Berdasarkan hasil pengisian survei dari 75 responden siswa SMP se-Jawa yang diambil secara acak, ternyata masih banyak yang belum mendengar PISA test dan merasa sulit mengerjakan soal yang berkaitan dengan literasi. Akibat adanya pembelajaran jarak jauh yang ternyata tidak selalu berjalan efektif di masa pandemi, berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat meningkatkan hasil skor PISA. Salah satu inovasinya yaitu aplikasi Frenlite. Aplikasi Frenlite diciptakan guna melatih siswa SMP dalam mengerjakan PISA test. Sama halnya dengan perolehan survei yang penulis kumpulkan membuktikan bahwa sebagian besar responden belum memiliki aplikasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan tertarik mengunduh aplikasi untuk meningkatkan kemampuan literasi. Aplikasi ini berupa kuis dengan kumpulan soal yang memerlukan kemampuan memecahkan masalah serupa dalam PISA test. Aplikasi ini diharapkan dapat disosialisasikan ke sekolah-sekolah menengah pertama agar siswa mampu mengembangkan kecakapan dalam  membaca, matematika, dan sains.

Keywords


Literasi siswa, PISA test, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H., & Asep , R. R., Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit pada Bank Yudha Bhakti, Jurnal Computech & Bisnis, 8(2) (2014).

Dhani, A., PISA, Programme Internationale for Student Assesment), Diperoleh pada tanggal 9 Febuari 2021 dari https://dhanymatika.wordpress.com/2013/09/02/pisa-programme-internationale-for-student-assesment/ (2013).

Efendi, S. N, Kuat dan Berwawasan Luas, Simak Makna Warna Ungu dari Sisi Psikologis, Pikiran Rakyat Cirebon.com (2020).

Fadrianto, A., E-Learning Dalam Kemajuan Iptek Yang Semakin Pesat, Indonesian Journal on Networking and Securit, 8(4) (2019).

Fatwa, A., Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal, Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2): 20-30 (2020).

Kurniawan, Saeful, Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1 (2) : 25-36 (2017).

Lestari, S., Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2): 94-100 (2018).

Mahdiansyah & Rahmawati, Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan tes desain internasional dengan konteks Indonesia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (24), 452-469 (2014).

Pakpahan, Rogers, Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa Indonesia dalam PISA 2012, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3), 331-347 (2016).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet (2016).

Wardono, dkk., The Realistic Scientific Humanist Learning With Character Education To Improve Mathematics Literacy Based on PISA, International Journal of Education and Research, 3(1): 349-462 (2015).

Wulandari, E & Azka, R., Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 31-38 (2018).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License