Implementasi Pembelajaran Bermuatan Computational Thinking Pada Materi “Kegunaan Uang” Kelas III Sekolah Dasar

Fauziah Mas'ula Soffa, Anisa Sifa Yuginanda, Siti Luluk Saniyati, Magnifikat Iga Tobia, Hanif Yuda Pratama

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan pembelajaran yang bermuatan computational thinking (CT) pada materi kegunaan uang pada kelas III sekolah dasar. CT adalah keterampilan dasar yang melibatkan perumusan masalah, pemecahan masalah, serta penalaran ilmiah. Kebijakan pemerintah mengenai perlunya pengintegrasian CT dalam pembelajaran dilatarbelakangi oleh rendahnya indeks mutu pendidikan Indonesia dalam PISA serta upaya mempersiapkan peserta didik menuju kecakapan abad 21. Materi kegunaan uang memiliki urgensi khusus yakni menanamkan literasi finansial yang dapat bermanfaat bagi masa depan peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yakni peserta didik kelas III SD Negeri Jatisawit berjumlah 32 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pembelajaran bermuatan CT pada materi kegunaan uang dapat memunculkan aspek fondasi CT yakni dekomposisi dan algoritma, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran bermuatan computational thinking pada materi kegunaan uang mencapai skor 91,6% atau dalam kategori “baik”, hasil belajar peserta didik mencapai RTP kategori tinggi yakni 85% pada skor fondasi dekomposisi dan 88% pada skor fondasi algoritma, respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran bermuatan CT adalah positif dengan mencapai skor 88,75%.


Keywords


computational thinking; kegunaan uang; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Akhmad, Nur Amaliah, Riskawati, Eka Fitriana Hamsyah, Gustina, St. Humaera. Syarif, and Andi Nur Samsi. (2023). Edukasi Computational Thinking Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(8):5867.

Amalia, A. R. (2022). Model Computational Thinking Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Sd Annisa Rizky Amalia. DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022, 499–507.

Council, N. R. (2011). Report of a workshop of pedagogical aspects of computational thinking. The National Academic Press.

CSTA. (2016). K-12 Computer Science Framework. 297. https://dl.acm.org/citation.cfm?id=3079760

Ence Surahman, Saida Ulfa, Sulthoni, & Sumaji. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60–74. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.277

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016

Lee, J., Joswick, C., & Pole, K. (2022). Classroom Play and Activities to Support Computational Thinking Development in Early Childhood. Early Childhood Eduq J. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10643-022-01319-0

Mason, S. L., & Rich, P. J. (2019). Preparing elementary school teachers to teach computing, coding, and computational thinking. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 19(4), 790–824.

Maulana, R. W., & Kurniasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa SD. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.

Mustikawati, E. (2020). Pentingnya Literasi Keuangan Anak Sekolah Dasar Melalui Progam Market Day di SDIT LHI. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 431–436.

Nababana, S. A., and Tanjung, H. S. (2022). Pelatihan Guru Dalam Mengembangan Soal Model Asesmen High Order Thinking Skills ( HOTS ). Prosiding Seminar nasional UNIMUS 5. 1962–1965.

Nasution, S. W. 2021. Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42. doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Nuvitalia, D., Saptaningrum, S., Ristanto, S., and Putri, M. R. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Komputasional ( Computational Thinking ) Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13(2):211–18. doi: 10.26877/jp2f.v13i2.12794.

OECD. (2019). PISA 2018 Result: What Student Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

OJK. (2020). Hasil Survei Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional Meningkat. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575–590. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.409

Sodiqin, A., Sugiyono, & Tirtowarti, N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–17.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169–182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1035

Syafrida. (2016). Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Menghitung Keliling, Luas Bangun Datar Serta Pengenalan Sejarah Uang Dan Kegunaannya. 2(2), 155–160.

Yang, D., Baek, Y., Ching, Y.-H., Swanson, S., Chittoori, B., & Wang, S. (2021). Infusing Computational Thinking in an Integrated STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned. European Journal of STEM Education, 6(1), 04. https://doi.org/10.20897/ejsteme/9560

Zamzami, E. M., Tarigan, J. T., Zendrato, N., Muis, A., Yoga, A. P., & Faisal, M. (2020). Exercising the Students Computational Thinking Ability using Bebras Challenge. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012113

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License