Analisis Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Gondangrejo

Alifia Azzahra, Bambang Sumardjoko

Abstract


OSIS sebuah organisasi di lingkungan sekolah yang berfungsi sebagai wadah bagi siswa untuk belajar dan mendinginkan nilai-nilai demokrasi. Demokrasi dalam OSIS ditunjukkan dapat melalui berbagai acara kesiswaan yang diselenggarakan secara demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan siswa organisasi intra sekolah (OSIS) di SMA Negeri Gondangrejo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus OSIS SMA Negeri Gondangrejo sudah menerapkan nilai-nilai demokrasi dengan baik. Dapat dilihat berdasarkan temuan wawancara dengan informan penelitian dimana dalam kegiatan OSIS mencerminkan nilai-nilai demokrasi yaitu toleransi, kebebasan mengemukakan pendapat, terbuka dalam komunikasi, saling menghargai serta kebersamaan. Nilai-nilai tersebut terdapat dalam kegiatan OSIS seperti rapat rutin, debat calon ketua OSIS, pemilihan ketua OSIS dan acara-acara kesiswaan.


Keywords


Nilai-nilai demokrasi; Kegiatan OSIS

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y. (2022). Penanaman Budaya Demokrasi Di Smp Negeri 3 Cianjur ( Studi Tentang Proses Pembentukan Kemampuan Kepemimpinan Demokratis Siswa ). 12(1), 58–68.

Arif, S. (2012). Demokrasi. Pustaka Belajar.

Aulawi, A., & Srinawati, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489

Budi Juliardi. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal BHINNEKA TUNGGAL IKA, 2(2), 119.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. (2008). Pedoman Pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Depdiknas.

Dwi, I. R. M. (2022). 5 Fakta Temuan Kasus Diskriminasi Siswa di Jakarta, Sekolah Mana Saja? Suara.Com. https://www.suara.com/news/2022/08/11/174946/5-fakta-temuan-kasus-diskriminasi-siswa-di-jakarta-sekolah-mana-saja

Hamdi, I., Soetrisnaadisendjaja, D., & Lestari, R. Y. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Kegiatan Organisasi Di Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 100–120.

Jati, W. R. (2021). Fenomena Kemunduran Demokrasi Indonesia 2021. The Habibie Center THC Insights, 27, 6. www.habibiecenter.or.id

Khoirunnisa, I., Murdiono, M., Pendidikan, D., Uny, K., & Indonesia, Y. (2022). Penumbuhan Budaya Demokrasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Media Uno Stacko yang berarti tanpa mengikutsertakan “ rakyat ”. 11(02), 171–185.

Lestari, D. P., & Yani, M. T. (2016). Implementasi Budaya Demokrasi dalam Kegiatan OSIS di SMPN 1 TARIK Kabupaten SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(04), 533–547. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/15158%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/15158/13724

Mahpudz, A., Kulyawan, R., & Riandana, T. E. (2021). Menguatkan pendidikan toleransi dan demokrasi bagi pemilih pemula dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan global untuk menumbuhkan warga negara cerdas. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 3, 1–8. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/8651

Marwandianto, M., & Nasution, H. A. (2020). Hak Atas Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Koridor Penerapan Pasal 310 dan 311 KUHP. Jurnal HAM, 11(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.1-25

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis : an expanded sourcebook (second). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). PT Remaja Rosdakarya.

Nastiti, H., & Suyanto, T. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Di Sma Khadijah Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(4), 282–297.

Novianty, F., & Firmansyah, S. (2020). Peran Dosen Program Studi Ppkn Dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi Pancasila Dalam Pemilu Serentak Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 70. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1793

Nur, S., & Sudarsono, S. (2019). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 95–103. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585

Putra, R. A. (2021). Indeks Demokrasi Indonesia Catat Skor Terendah dalam Sejarah. Made for Minds. https://amp.dw.com/id/indeks-demokrasi-indonesia-catat-skor-terendah-dalam-sejarah/a-56448378

Sahal, M., Musadad, A. A., & Akhyar, M. (2018). Tolerance in Multicultural Education: A Theoretical Concept. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 115. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.212

Sari Putri Pujianti, L., & Fajar Suhendar, I. (2019). Peranan Osis Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Di SMA Plus PGRI Ciranjang. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 9(2), 2622–8718.

Shalihudin, F., & Hermanto, F. (2021). Peran Pendidikan Politik Dalam Membangun Sikap Demokratis Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1), 75–82. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v3i1.45453

Suseno. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Raja Gravindo Persada.

Twiningsih, A. (2021). Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 6(2), 163–175.

Yolcu, E. (2015). Analyzing the Awareness of Pre-Service Teachers’ Towards Democracy Inclusion in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1866–1873. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.248

Zamroni. (2001). Pendidikan Untuk Demokrasi. Bilgraf Publising.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License