Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar

Azizah Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Biro Kota Palu. Instrumen tes yang digunakan berupa angket tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan bantuan SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dilihat dari perolehan nilai sig < α yaitu 0,01 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V SDN Biro Kota Palu.


Keywords


Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Full Text:

PDF

References


A. Crawford, W. Saul, S. R. Mathews, and J. Makinster. (2005). Teaching And Learning Strategies For The Thinking Classroom. New York: The International Debate Education Association.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).

D Hernawati, M. Amin, M. H. Irawati, S. E. Indrawati, and N. Omar. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using Encyclopedia as Learning Materials in Improving Students’ Science Process Skills in Science. JPII, vol. 7, no. 3, Sep.

D. Hernawati, M. Amin, M. Irawati, S. Indriwati, and M. Aziz. (2018). Integration of Project Activity to Enhance the Scientific Process Skill and Self-Efficacy in Zoology of Vertebrate Teaching and Learning. EURASIA J. Math., Sci Tech. Ed, vol. 14, no. 6, pp. 2475–2485.

I. S. Nugraha and D. Suherdi. (2013). Scientific Approach: An English Learning-Teaching (Elt) Approach In The 2013 Curriculum. p. 16.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

N. Bahr. (2010). Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. ij-sotl, vol. 4, no. 2.

N. M. Florea and E. Hurjui. (2015). Critical Thinking in Elementary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 180, pp. 565–572.

R. A. Sani. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

R. A. Sani, S. R. Manurung, H. Suswanto, and Sudiran. (2018). Peneltiian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

R. A. Sani. (2015). Pembelajaran Sainstifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

S. B. Adeyemi. (2012). Developing critical thinking skills in students: A mandate for higher education in Nigeria. EUROPEAN J ED RES, vol. 1, no. 2, pp. 155–161, Apr.

S. Bailin, R. Case, J. R. Coombs, and L. B. Daniels. (1999). Conceptualizing critical thinking. Journal of Curriculum Studies, vol. 31, no. 3, pp. 285–302.

S. Massa. (2014). The Development of Critical Thinking in Primary School: The Role of Teachers’ Beliefs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 141, pp. 387–392.

S. Naseri, Z. Gorjian, M. R. Ebrahimi, and M. Niakan. (2017). Critical Thinking in P4C (Philosophy for Children) Educators: An Intervention Study,” vol. 5, no. 7.

Wiyanto, S. E. Nugroho, and Hartono (2017). The Scientific Approach Learning: How prospective science teachers understand about questioning, J. Phys.: Conf. Ser., vol. 824.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License