Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IXA SMPN 8 Pontianak dengan Menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning

Yoga Febriyanda, Titin Titin, Zulfikar Zulfikar

Abstract


Dalam rangka meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IXA SMPN 8 Pontianak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem reproduksi, maka dalam penelitian ini akan diterapkan model discovery learning yang merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat deskriptif kualitatif. dengan jumlah siswa secara keseluruhan 31 orang. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, dengan siklus pertama mengukur minat siswa menggunakan kuesioner dengan 15 item Likert, dan siklus kedua mengukur hasil belajar dengan melihat temuan penilaian yang diberikan pada akhir setiap siklus. Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dari siklus 1, dengan tingkat minat yang tinggi di antara siswa pada siklus 2 meningkat dari 80,64% menjadi 93,54%. Pada hasil belajarpun terjadi peningkatan, hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi pembelajaan kedua siklus. Terdapat 21 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata keseluruhan 72,25 yang mana ini merupakan siklus pertama, bertambah menjadi 25 siswa dengan nilai rata-rata keseluruhan 85. Berdasarkan data yang ditemukan pada penelitian ini, membuktikan bahwa untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dapat menggunakan model pembelajaran discovery learning yang mana model pembelajaran ini sudah terbukti efektif.


Keywords


Discovery learning; Minat belajar; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Caya T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Sempoa Pada Materi Operasi Hitung Siswa Kelas 2 SD Inpres Pattallassang Kecamatan Parigi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Diah, M., Sarwi, W. , & Yulianto, A. (2018). Development of Discovery Learning Model Using Scientific Approach to Increase Student’s Comprehension and Communication Skills Article Info. JISE, 7(2), 223–228. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Hasanah, Luzyatul (2017) Penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS NU (Nahdlatul Ulama’) Kraksaan Kab. Probolinggo. Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hendra Titisari, K., & Pawenang, S. (2021). LEARNING INTEREST, ACHIEVEMENT MOTIVATION, LEARNING STYLE, AND SELF-RELIANCE OF LEARNING EFFECT ON STUDENT ACHIEVEMENT AT SMP BATIK SURAKARTA. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128-135.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108.

Ramadhani, A. H. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning pada Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 96-103.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.

Shobrun, Y. (2023). Hasil Belajar Matematika Siswa SD Menggunakan Media Realia Dalam Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 153-157.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58.

Supardi, 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya, PT RajaGrafindo Persada. Jakarta: Cetakan ke1

Thobroni, 2016. Belajar dan Pembelajaran, ARRUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License