Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Melalui Pembelajaran Experiential Learning Pada Siswa Kelas XI Smk Swasta Anugerah

Mesra Pitri Mesra Bako

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerpen berdasarkan pengalaman pribadi bagi siswa kelas XI TKJ di SMK Swasta Anugerah Sitinjo, Kabupaten Dairi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus dengan melalui 4 tahapan yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes siswa diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning, dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis cerpen. Hasil rata-rata tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 62,5%, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 78,5% dengan ketuntasan klasikal 83,3%. Berdasarkan hal tersebut diharapkan guru dapat menerapkan Model Pembelajaran Experential Learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan keterampilan menulis cerpen siswa dapat meningkat.

Keywords


Pembelajaran Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Cerpen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyani, Isah. 2000. Peran Experiential Learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran BIPA. [online]. Diakses dari http://www.ialf.edu/kipbipa/abstracts/isahcahyani.html. pada tanggal 5 maret 2012.

Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Kolb, David A. 1984. Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development.Western Reserve University: New Jersev

Kosasih, E. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan Dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License