Pemanfaatan Media Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma Swasta Santo Thomas 2 Medan
Abstract
Whatsapp sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyakdigunakan oleh masyarakat di Indonesia.Para siswa di Indonesia pada era digital saat ini sudah menggunakan gawai dalam aktivitas keseharian mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah.Namun, sebagian besar pelajar tersebut menggunakan aplikasi media sosial, khususnya Whatsapp, hanyauntuk bermedia sosial saja, padahal di dalam aplikasi tersebut, terdapat manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan whatsapp sebagai media literasi digital siswa dan 2) kemampuan literasi digital siswa dilihat dari kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan kajian pustaka.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu,
1) tingkat literasi digital siswa dengan media sosial whatsapp masih kurang dan 2) peningkatan kemampuan literasi digital siswa ditinjau dari aspek kemampuan berbahasa, yaitu, mendengar, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alqahtani, M. S., Bhaskar, C. V., Vadakalur Elumalai, K., &
Abumelha, M. (2018). WhatsApp: An Online Platform for
University-Level English Language Education. Arab World En-
glish Journal, 9(4), 108
https://doi.org/10.24093/awej/vol9no4.7
Hoechsmann, Michael & Stuart R. Poyntz. (2012). Media
Literacies: A Critical Introduction, UK: Blackwell Publishing.
Kurnianingsih, I., Rosini, dan Ismayati, N. (2017). Upaya
Peningkatan
Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah
dan Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi
Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61
https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Kusuma, Rinasari. (2011). Remaja Digital: Literasi dan Etika. In
Chatia Hastasari (Ed.), New Media: Teori dan Aplikasi,
Karanganyar: Lindu Pustaka.
Mulawarman, M., & Nurfitri, A.
D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta
Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan.
Buletin Psikologi, 25(1), 36
https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan
Sosial Media
WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal
Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 122.
https://doi.org/10.30868/EI.V7
Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial
(Communications and Social Media).The Messenger, 3(1), 69
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License