Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Yonando - Sembiring

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apakah Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019 dengan jumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Ketuntasan belajar matematika siswa selama pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 6 butir soal. Pada Tes awal yang dilakukan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 7,1%. Hasil tes setelah tindakan I, diperoleh secara klasikal tingkat kemampuan pemecahan masalah sebesar 75,2% hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi kategori sedang. Hasil tes pada siklus II, diperoleh secara klasikal tingkat Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 93,8% hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi kategori sangat tinggi. Dari tindakan pada siklus I dan siklus II disimpulkan penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw I, Ketuntasan Belajar


Keywords


model kooperafitf, Jigsaw I. kemampuan siswa

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aqib Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Chaplin dalam http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengertian-kemampuan (13-03-2013, 23:37)

Depdikbud,1999:623dalam http://cumanulisaja.blogspot.com/2012/08/pengertian-kemampuan (13-03-2013, 23:18)

Dimyati dan Mudjiono. (2006).Belajar dan Pembelajar.Jakarta:Rineka Cipta

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia

Hudha Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Isjoni,(2009).Cooperative Learning.Bandung:Alfabeta

Sagala Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran. Bandung: alfabeta

Sanjaya Wina (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin Robert E (2011). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sudijono Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sudjana (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sudjana Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah Muhibbin.(2010).Psikologi Pendidikan. Cetakan Kelimabelas.Bandung :Rosda

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif-Konsep Landasan dan Impelementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahyudin Dinn,dkk (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i3.7109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License