Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apakah Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019 dengan jumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Ketuntasan belajar matematika siswa selama pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 6 butir soal. Pada Tes awal yang dilakukan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 7,1%. Hasil tes setelah tindakan I, diperoleh secara klasikal tingkat kemampuan pemecahan masalah sebesar 75,2% hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi kategori sedang. Hasil tes pada siklus II, diperoleh secara klasikal tingkat Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 93,8% hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi kategori sangat tinggi. Dari tindakan pada siklus I dan siklus II disimpulkan penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Komposisi Fungsi Di Kelas X SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/ 2019.
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw I, Ketuntasan Belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman Mulyono. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aqib Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arikunto Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Chaplin dalam http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengertian-kemampuan (13-03-2013, 23:37)
Depdikbud,1999:623dalam http://cumanulisaja.blogspot.com/2012/08/pengertian-kemampuan (13-03-2013, 23:18)
Dimyati dan Mudjiono. (2006).Belajar dan Pembelajar.Jakarta:Rineka Cipta
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia
Hudha Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Isjoni,(2009).Cooperative Learning.Bandung:Alfabeta
Sagala Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran. Bandung: alfabeta
Sanjaya Wina (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin Robert E (2011). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sudijono Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sudjana (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sudjana Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah Muhibbin.(2010).Psikologi Pendidikan. Cetakan Kelimabelas.Bandung :Rosda
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif-Konsep Landasan dan Impelementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wahyudin Dinn,dkk (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i3.7109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License