Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Barisan Dan Deret Aritmetika Di Kelas XI Sma Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2020/2021

Susantri Simbolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya pada materi ini. Tetapi hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu penelitian ini mencakup dua variabel, yaitu pembelajaran berbasis masalah sebagai variabel X dan hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika sebagai variabel Y. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1Aramo mulai Juli sampai September 2021. Populasinya sebanyak 92 siswa dan sampel diambil berdasarkan random sampling sebanyak 28 siswa.

Dalam menganalisis data, digunakan observasi untuk pembelajaran berbasis masalah dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika. Kemudian hasilnya dianalisis dengan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pembelajaran berbasis masalah adalah 0,75 berada pada kategori baik, nilai rata-rata hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika sebelum pembelajaran berbasis masalah adalah 65,39 berada pada kategori cukup, dan nilai rata-rata hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika sesudah pembelajaran berbasis masalah adalah 80,75 berada pada ketegori sangat baik.

Berdasarkan tabel t dengan taraf signifikansi 5% di mana dk = n 2 = 28 2 = 26, diperoleh t-tabel = 1,71, sementara nilai t-hitung = 7,35. Itu menunjukkan t-hitung lebih dari t-tabel atau 7,35 > 1,71. Berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok Barisan dan deret Aritmetika pada siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Aramo tahun pelajaran 2020/2021.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i3.7165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License