Analisis Kesulitan Belajar Ayat Jurnal Penyesuaian Siswa Akuntansi di Kota Medan

Pipit Putri Hariani MD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyebab Kesulitan Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI (sebelas) di sekolah SMK Swasta Al- Washliyah 3 Medan. Adapun populasi yang peneliti ambil dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Metode penganmbilan sampel yang digunakan adalah ekstrasi total , jadi sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan dengan jumlah 21 orang dan angket berfungsi sebagai alat yang terdiri dari 20 item pernyataan yang sudah teruji validitas dan reabilitasnya.

Berdasarkan analisis penelitian penyebab kesulitan belajar jurnal penyesuaian, hasil dari angket yang telah diberikan, bahwa dapat disimpulkan besarnya koefisien penyebab kesulitan belajar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan dikategorikan sulit dalam memahami jurnal penyesuaian yaitu berdasarkan hasil persentase dengan persentase 70% siswa kesulitan memahami jurnal penyesuaian. Penyebab kesulitan belajar jurnal penyesuaian yaitu kurangnya pemahaman siswa dan modul tidak menarik, solusi dari kesulitan belajar yaitu bimbingan khusus, dan membuat modul yang menarik.

Keywords


Kesulitan Belajar, Jurnal Penyesuaian

References


Hariyani, D. S. (2016). Pengantar Akuntansi I (Teori & Praktik) (Issue Maret 2016). http://manajemen.unipma.ac.id/pengumuman/281/buku-ajar- pengantar-akuntansi-1-teori-dan-praktek

Ika Maryani, M. P. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. K- Media. file:///C:/Users/Kantor/Downloads/Model Intervensi_Gangguan Kesulitan Belajar.pdf

Irrubai, M. L. (2013). Kesulitan Belajar Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Dan Solusinya. Jurnal Islamika, 13(2), 153166.

Latifa, A. (2015). Digital Repository Universitas Jember. 27. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah-101810401034.pdf?sequence=1

Masruro, L., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 198208.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171187.

Pautina, A. R. (2018). Belajar Pada Anak. 6, 1428.

Purwanita, N. W. H., Dantes, N., & Setuti, N. M. (2013). Motivasi Belajar Siswa Yang Mengalami Kesulitan. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 8(1), 4050. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/908/778

Saidah, N. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Statistik. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY, 5461.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Apri Nuryanto (ed.)). ALFABETA.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Pt. Raja Grafindo Persada.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar. Eeaj, 8(2), 797813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 110.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i3.12951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.