Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium di Program Studi Akuntansi Sektor Publik

Siti Aisyah, Oryza Ardhiarisca, Avisenna Harkat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Laboratorium di Program Studi Akuntansi Sektor Publik Politeknik Negeri Jember serta sebagai bahan evaluasi dalam memaksimalkan tujuan pembelajaran. Kedua laboratorium ini belum pernah dievaluasi pelayanannya sejak tahun berdirinya yaitu tahun 2017 hingga tahun 2022. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi D4 Akuntansi Sektor Publik Politeknik Negeri Jember yang menggunakan layanan laboratorium pada semester ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Penentuan jumlah responden adalah dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 153 responden mahasiswa. Pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner tertutup melalui google form. Analisis data berupa uji validitas, reliabilitas, Importance Performane Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di laboratorium adalah sangat puas dengan nilai sebesar 84,45%. Berdasarkan hasil analisis, atribut yang perlu untuk segera diperbaiki untuk meningkatkan kinerja layanan laboratorium adalah akses internet, fasilitas perangkat pembelajaran, kualitas hardware, dan kualitas software yang berada pada kuadran I.

Keywords


analisis, kepuasan, kualitas pelayanan, laboratorium, Importance Performance Analysis

References


Arisandi, D., Thaha, A., & Chusnah, C. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA. Kinerja, 2(01), 95–112.

Dodge Kelsey, K., & Bond, J. A. (2001). A model for measuring customer satisfaction within an academic center of excellence. Managing Service Quality: An International Journal, 11(5), 359–368. https://doi.org/10.1108/09604520110404086

Fitriana, D., Endaryanto, T., & Adawiyah, R. (2020). Kepuasan konsumen rumah tangga terhadap beras padi asal Lampung Selatan (Beras “Palas”) di Kabupaten Lampung Selatan. JIIA (Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis), 8(2), 248–255.

Hasnih, H. (2016). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. 1.

Nurcaya, I. N. (2011). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN D & I SKIN CENTRE DENPASAR Kadek Indri Novita Sari Putri 1 Fakultas Ekonomi Universitas Udayana , ( Unud ) Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Udayana , ( Unud ) Bali , 918–937.

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Rianti, S., Rusli, Z., Yuliani, F., Bina, K., Jl, W., & Pekanbaru, P. (2019). dari pelayanan aparatur pemerintah akan se- Sipil merupakan unsur pelaksanaan Peme- Kepala Dinas yang berada dibawah dan ber-. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15, 412–419.

Schrepp, M. (2020). On the Usage of Cronbach’s Alpha to Measure Reliability of UX Scales. Journal of Usability Studies, 15(4).

Setiawan, N. (2007). Penentuan ukuran sampel memakai rumus slovin dan tabel krejcie-morgan: telaah konsep dan aplikasinya. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Suhendra, A., & Prasetyanto, D. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 2(2), 59–70.

Sumadi, S., Ardhiarisca, O., Wijayanti, R. R., & Putra, R. (2019). DEVELOPMENT OF “CASSIM COFFEE” PRODUCTS THROUGH CONSUMER EVALUATION.

Syukhri, S. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 109–114.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i1.14593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.