Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Toko Lyradyba Di Kota Banda Aceh

Salma Yumna, Musfiana Musfiana, A. Razak, Achmad Mustofa

Abstract


Penggunaan Instagram dalam kegiatan marketing membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan dan menggunakan untuk memasarkan produk/brand mereka. Lyradyba merupakan bisnis fashion lokal yang ada di Banda Aceh, serta memiliki brand awareness yang positif dan kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan marketing Lyradyba dalam membangun brand awareness melalui pemanfaatan media Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 9 informan. Teknik analisis data menggunakan strategi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan marketing Lyradyba berhasil memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang ada di Instagram, seperti fitur Instagram Story, fitur Highlights, fitur unggahan foto atau video, fitur caption dan hastag melalui postingan yang berisikan unggahan, baik itu diskon dan give away pada produk yang ditawarkan dalam membangun brand  awareness serta melibatkan semua elemen bauran pemasaran atau marketing mix yakni product, price, place, dan promotion, sehingga mencapai puncak pikiran (Top Of Mind) dalam penyebaran informasi dan juga meningkatkan feedback kepada konsumen.


References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: Simon & Schuster.

Abdullah, T. & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Durianto, et al. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 3 (1). 1-15.

Hadeli. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching.

Hanna, R. et al. (2011). We’re all connected: The power of the social media ecosystem. Business Horizons, 54 (3), 265-273.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Dan Bisnis. 3 (1). 1-18.

Kertamukti, R. (2015). Instagram Dan Pembentukan Citra (Studi Kualitatif Komunikasi Visual Dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @Basukibtp). Jurnal Komunikasi Profetik. 8(1). 57 - 66.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. London: Pearson Education.

Kotler. (2006). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Inc

Kurniawati, W. D. N. (2016). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi. 8 (2).127-143.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Dunuts. Jurnal Manajemen Komunikasi. 3 (1). 18-33.

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A (2006). Teori Komunikasi (Theories of Human Communication) edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Monique, E. P. & Nasution, S. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Teguh Pribadi di Bengkulu Tengah. Ecombis Review, 7 (2).

Nisrina. (2015). Bisnis Online: Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis

Nurjaman, K. & Umam, K. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Salamah, N. H., et al. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce Hijup. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. 2 (1): 249-269

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i1.14609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.