Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Masa Covid-19 di SMK Bintang Nusantara Kota Tangerang Selatan

Ferdiansyah Ferdiansyah, Dwi Septiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan media pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi pada masa covid-19 siswa/i jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Bintang Nusantara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Adapun populasi yang peneliti ambil dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 47 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Variabel independen dalam penelitian ini pembelajaran daring dan media pembelajaran, variabel dependen adalah minat belajar akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dan media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap minat belajar akuntansi pada masa Covid-19.

Keywords


Covid-19, Akuntansi, Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ashari, M. (2020). Proses Pembejalaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. 20 Maret. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Darusman, A. (2019). Pengaruh Media Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Studi Kasus: SMK Islam Wijaya Kusuma), Jurnal Literatus, 1(1).

Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 181, 423-430.

Indira, D., & Sakshi, A. (2017). Online learning. International Education & Research Journal, 3(8), 32-34.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.

Kožnjak, B. (2017). Kuhn meets Maslow: The psychology behind scientific revolutions. Journal for General Philosophy of Science, 48(2), 257-287.

Lepper, M. R., Corpus, J. H., & Iyengar, S. S. (2005). Intrinsic and extrinsic motivational orientations in the classroom: Age differences and academic correlates. Journal of educational psychology, 97(2), 184.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2021). Impact of learner’s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course. Note Taking Activities in E-Learning Environments, 15-36.

Priyatno, D. (2012). Cara kilat belajar analisis data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset, 2098, 2107.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 14 April. https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran

Riduwan, S. (2017). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis Lengkap dengan Aplikasi SPSS 14.

Rima, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik, 6 (2), 109–119.

Selvi, K. (2010). Motivating factors in online courses. Procedia-social and behavioral sciences, 2(2), 819-824.

Septiani, D. (2020). The Influence of The Inflation Rate and The Interest Rate of Bank Indonesia Certificates on The Composite Stock Price Index With The Us Dollar Exchange Rate As A Moderating Variable on The Indonesia Stock Exchange. EAJ (ECONOMICS Account. JOURNAL), 3.

Septiani, D., & Ferdiansyah, F. (2022). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Ekonomi dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 5(2), 23-29.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019, October). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Wilson, A. (2020). Penerapan metode pembelajaran daring (online) melalui aplikasi berbasis android saat pandemi global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan portal rumah belajar kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i1.14641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.