Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMKS Muhammadiyah 04 Medan

Isti Maunida Hanum, Andri Zainal, Choms Gary G.T. Sibarani, Ramdhansyah Ramdhansyah, Rini Herliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar. Populasi sebanyak 112 siswa kelas X AKL Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Muhammadiyah 04 Medan dimana seluruh populasi menjadi responden penelitian ini. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan soal tes pemahaman akuntansi. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan model regresi telah memenuhi uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi.


Keywords


Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar

References


Anggreyni, M., Widagdo, S., & Sari, N. K. (2022). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jember. JAKUMA: JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN, 3(1), 51–63.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Aulia, P. G., Cahyono, D., & Nuha, G. A. (2020). Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 2(1), 242–255.

Azzahra, M. P., & Nurjanah, Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosonal, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 91–104.

Badjuri. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman PKP Mahasiswa PGPAUD UPBJJ UT Semarang. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 31–42.

Budiana. (2021). Peran Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Bagi Generasi Digital Native. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(1), 57–75.

Fitriani, N. I., & Iskandar, I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Organisasi Pada Eramart Timbau Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 20(2), 23–34.

Gardner, H. (2003). Multiple intelligence. Batam: Interaksa.

Golemen, D. (2020). Emotional Intelligence. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Hafsah, H., Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 312–321.

Halimah, I. N., & Trisnawati, R. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Adversity Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 326–335.

Herwan, M. D. K., & Herdia, T. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 307–312.

Ikhsan, F. N., Rispantyo, R., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada UNISRI, UNIBA dan UNSA). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 16(2), 154–162.

Menne, F., Setiawan, A., & Nasriati, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(2).

Ndait, T. V., Dethan, M. A., & Pau, S. P. N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nusa Cendana). JURNAL AKUNTANSI: TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS, 10(1), 49–57.

Oktaviana, F. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang. Global Accounting, 1(2), 158–164.

Pratiwi, S. Y., Masyhad, M., & Rahman, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. UBHARA Accounting Journal, 1(2), 246–254.

Putro, A. B., & Widodo, A. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Peraturan Permainan Futsal Para Pelatih Futsal Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3).

Rasyid, M. F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE), 11(1), 11–25.

Sari, Rafika, Luis Marsinah, H. W. (2022). Statistik Ekonomi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sibarani, B. E., & Rianto. (2022). Effect of Learning Behavior and Intellectual Intelligence on Student Accounting Understanding. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(2 SE-Articles), 425–436. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i2.41823

Sucipto, A., & Listiadi, A. (2019). Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Akuntansi, Dan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).

Trismiyanto, H. H., & Ardiansyah, I. (2021). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA KECIL DI KOTA BANDUNG. KarismaPro, 12(1), 44–68.

Uran, R. R., Kase, E. B. S., & Adinuhgra, S. (2021). Perilaku Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Oebobo Kupang Tahun Ajaran 2020/2021). Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(2), 50–65.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i2.14994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.