Profitabilitas Sebagai Pemoderasi Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

yani Suryani, Desi Ika

Abstract


Nilai perusahaan memiliki arti penting bagi keberlangsungan usaha yang berpengaruh bagi investor dalam mengambil keputusan investasi. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate social responsibility) dapat menyebabkan investor memiliki keyakinan untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba (profitabilitas) dapat mempengaruhi hubungan CSR terhadap nilai perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas sebagai pemoderasi corporate social responsibility tehadap nilai perusahaan. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Uji residual digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas merupakan pemoderasi corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan

References


Apriyani, YF dan Sutjahyani, D (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. JEA17: jurnal Ekonomi Akuntansi Vol 3 (1).

Benne dan Moningka, 2020. The Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Firm Value With Profitability As An Moderating Variabel in Mining Sector Companies Listed at BEI. Klabat Accounting Review Vol 1 No. 1.

Chandrarin, G, 2017. Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Salemba Empat

Dzikir, AN, Syahnur dan Tenriwaru (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

Fauzi, A.S, Suransi N.K dan Alamsyah (2016). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi Vol 12 (1)

Ghozali. I (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Jensen, MC dan Meckling, WH (1976). Theory of The Firm, Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, Journal of Financial Economics.

Muchlis dan Gultom (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibiliti Terhadap Nilai Perusahaan BUMN Sektor Pertambangan. JIAKES: Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan Vol. 9 No. 1

Novalia dan Nindito, M (2016) Pengaruh Konservatisme Akuntansi dan Economic Value Added Terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan. Vol 11 (2)

Nurhayati, Eliana dan Jusniarti, N (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Menggunakan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2016 – 2018). JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance Vol 3 (1).

Permadani, DA, Novitasari, M dan Nurhyati, P (2021). Pengaruh Struktur Modal dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 3

Pratama, GL, Hapsari, D.W dan Muslih, M, 2016. Pengaruh Corporate social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Proceeding of Management, 3(3)

Rosiana, G.A, Juliarsa, G dan Sari, M, 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 5 (3), 723-738.

Sunyoto, D (2016). Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Wahyuni, SF (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Magaister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Vol 1 (1).




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i2.15553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.